Saat Musim Hujan, Bukan Tekanan Angin Ban yang Perlu Diperhatikan

Ilustrasi ban mobil.
Sumber :
  • Pixabay/Mikesphotos

VIVA – Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat mengendarai mobil di musim hujan, yakni kondisi ban. Karena, permukaan jalan yang basah membuat traksi di keempat roda akan berkurang.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Lantas, apa yang sebaiknya pengemudi lakukan pada ban saat berkendara di musim hujan, menambah atau mengurangi tekanannya?

Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi mengatakan, kalau anginnya dikurangi, memang melebarkan tapak ban yang menempel ke aspal. Tapi, hal ini memunculkan risiko baru.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

“Tekanan angin dikurangi, risiko ban pecah atau sobek saat menabrak lubang yang tidak kelihatan akibat tertutup air hujan. Lebih baik, tekanan angin tetap kondisi standar,” ujarnya kepada VIVA, Jumat, 16 November 2018.

Yang lebih penting diperhatikan saat musim hujan adalah kedalaman alur tapak ban. Kalau sudah tipis, maka efek ban mengambang akan semakin besar. Karena, air di permukaan jalan tidak dapat terbuang melalui alur ban. Ini berbahaya, sebab mobil tidak bisa dikendalikan pada kecepatan tinggi.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Hal senada juga disampaikan Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi. Kata dia, lebih baik tekanan ban tetap standar, jangan berlebihan dan jangan kekurangan.

“Kalau berlebihan tekanannya, tapak yang menempel hanya bagian luar (kiri dan kanan saja), yang tengah tidak terlalu menempel. Kalau kurang angin, yang bagian tengah menempel, sedangkan sisi luar kurang,” tuturnya.

Ilustrasi ban mobil bocor

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Modus kejahatan di jalan raya kian beragam, seperti yang baru-baru ini terjadi di media sosial menunjukkan aksi kejahatan dengan modus berteriak ban mobil kempes.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024