Jatuh saat Naik Motor Sendirian di Tempat Sepi, Segera Lakukan Ini

Ilustrasi pengendara sepeda motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA – Mengendarai sepeda motor membutuhkan konsentrasi penuh, agar terhindar dari kecelakaan di jalan. Terlebih, saat berkendara seorang diri di jalanan yang sepi. 

Skema Kredit Honda Stylo 160, Cicilan Mulai Rp1,1 Jutaan

Penyebab kecelakaan tunggal sangat beragam, salah satunya akibat infrastruktur yang belum memadai. Seperti jalan berlubang atau pembatas jalan yang tidak terlihat.

Jika Anda mengalami kecelakaan di tempat yang cukup sepi atau pada malam hari, segera ikuti beberapa langkah ini, untuk memastikan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti dilansir dari laman resmi Suzuki, Jumat, 16 November 2018:

Daftar Lengkap Promo Sepeda Motor Honda Usai Lebaran

Cek diri sendiri 

Ketika jatuh saat berkendara dengan sepeda motor, hal pertama yang harus dilakukan yakni mengecek diri sendiri. Cek anggota tubuh, apakah mengalami luka. Ini perlu dilakukan, karena pada saat jatuh, korban sering kali tak sadar tubuh merasakan sakit. Apabila ada bagian mengalami ngilu dan tidak bisa bergerak atau mati rasa, maka jangan dipaksakan untuk melanjutkan perjalanan.

Penjualan Motor Bulan Maret Naik, Total Sudah Laku 1,7 Juta Unit Sepanjang 2024

Menjauhi TKP

Jika tubuh tidak mengalami luka serius, hal selanjutnya yang harus dilakukan yakni menjauh dari tempat kejadian perkara. Selain menghindari dari kemungkinan cedera akibat kendaraan mengalami kebakaran, Anda juga lebih aman saat ada kendaraan lain yang melaju kencang.

Jika memungkinkan, segera berdirikan motor

Jika tubuh masih kuat dan baik-baik saja, silakan untuk mengecek kendaraan dan membawa motor ke lokasi aman. Cek apakah masih bisa menyala atau tidak, dan seberapa parah kerusakannya yang dialami motor Anda.

Telepon teman atau kerabat

Hal terakhir yang harus dilakukan, yakni mengontak orang terdekat untuk membantu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya