Ketahui Penyebab Wiper Cepat Rusak

Wiper mobil. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Karet penghapus kaca mobil atau yang biasa disebut wiper memiliki peran penting saat berkendara di tengah guyuran hujan. Fungsinya menyapu air dari kaca agar jarak pandang pengemudi tetap terjaga.

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Namun sayang, kepedulian pemilik kendaraan merawat wiper masih sangat minim. Bahkan cara penggunaannya, bisa dibilang masih kurang tepat. Sehingga kondisi itu yang membuat karet cepat getas dan rusak. 

Product Improvement Department Head Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi mengatakan, ada beberapa hal yang bisa merusak karet wiper adalah  kendaraan dibiarkan terparkir lama di ruang terbuka.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

“Keawetan wiper tergantung pemakaian dan kondisi lingkungan. Masalah utama cepat rusak karena terlalu lama parkir tanpa atap dan wiper dijadikan sarana membersihkan kaca,” ujar dia kepada VIVA di Jakarta, Senin 19 November 2018.

Ia menjelaskan, fungsi wiper memang untuk menyeka air tapi bukan membersihkan kaca ketika kotor. Sebut saja misalnya, pemilik mobil malas membersihkan kaca depan, cara mudahnya bisa pakai wiper dengan menyemprotkan air wiper alias washer.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

“Cara tersebut dapat memperpendek umur karet wiper, karena yang disapu bukan sekadar air tapi sekaligus debu dan kotoran di kaca,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi. Menurutnya, faktor utama karet wiper getas atau tidak lentur lagi, karena sering terjemur di bawah terik matahari dan menempel di kaca depan saat parkir terbuka.

Modifikasi wiper Honda Jazz yang bikin ketawa pengguna jalan

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Viral pengguna Honda Jazz ini jadi bahan tertawaan pengguna jalan gara-gara wiper di kaca belakang tidak dalam posisi yang benar, hal itu terlihat ketika dihidupkan.

img_title
VIVA.co.id
22 Agustus 2022