Ini Biang Kerok yang Bikin Helm Cepat Rusak

Helm impor merek Arai
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Bagi pehobi sepeda motor, helm bukan hanya berfungsi sebagai pelindung kepala, tetapi juga penunjang penampilan saat berkendara. Tak heran, banyak bikers yang rela menebus helm dengan banderol puluhan juta rupiah.

Tilang Manual Jaring Pelanggaran 3 Kali Lipat dari Elektronik

Dengan harga tersebut, maka pemilik juga harus memperhatikan perawatan pelindung kepala tersebut. Perawatan helm ternyata bisa dilakukan sendiri di rumah.

Bussiness Development dan Brand Ambassador Cargloss Group, Eric Saputra mengatakan, perawatan helm bisa dilakukan dengan mudah, yakni memperhatikan penyimpanan helm setelah digunakan.

Perjuangan Honda Thailand Melawan Pengendara Motor Ceroboh

"Kalau untuk helm seperti Arai kan bisa dilepas bagian dalamnya. Sebelum ditaruh dianginkan dulu bagian dalamnya. Sebab, kalau habis pakai biasanya lembap, kemudian langsung ditutup, itu bikin cepat rusak," ujar Eric kepada VIVA, Selasa 20 November 2018.

Selain itu, lanjut dia, setelah hujan atau terkena basah, bagian luar helm serta kaca sebisa mungkin langsung dilap atau dibasuh menggunakan kain lap halus. Cara ini dilakukan untuk menghindari timbulnya jamur pada bodi maupun kaca helm.

Viral Pria Tua Bersorban Tak Terima Ditilang Saat Razia, Doakan Polisi Kena Azab

Untuk meletakkan helm, disarankan sebaiknya dilakukan di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung dan dalam ruang yang tidak lembap.

"Penyimpanannya jangan taruh di bawah sinar matahari langsung, baiknya di suhu ruang saja. Simpannya harus dalam posisi terbalik agar ada sirkulasi udara," kata dia. (ase)

Ilustrasi helm full face / pengendara motor

Wali Kota Larang Pemotor Pakai Helm Full Face

Para pengendara motor disarankan untuk mengenakan helm half-face sebagai pelindung kepala.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2024