Wiper Blade Vs Frameless, Ini yang Lebih Bagus dan Tahan Lama

karet wiper mobil.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Saat musim hujan tiba, pengendara mobil wajib periksa kondisi penghapus kaca atau wiper. Sebab, komponen itu fungsinya menyeka air di kaca depan atau belakang, agar pengendara bisa melihat kondisi jalan dengan jelas.

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Beberapa pabrikan umumnya menyematkan wiper yang masih menggunakan tangkai besi (blade) sebagai rangkanya. Sementara, model tanpa rangka atau frameless disematkan pada mobil-mobil mewah.

Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Karena model frameless terbuat dari bahan karet, ketika sudah tidak lentur lagi atau karetnya mengeras, daya sekanya berkurang.

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Sedangkan, model rangka meski karetnya sudah tidak lentur atau getas, daya sekanya masih lebih baik, karena masih ada tekanan dari tangkai besinya. Seperti yang disampaikan Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi.

Wiper mobil. Foto ilustrasi.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

“Kalau lebih awet, tergantung penggunannya. Karet model frameless daya lenturnya berkurang, saat menyeka air cenderung bergetar,” ujarnya kepada VIVA, Rabu 21 November 2018.

Sementara, model rangka tidak akan bergetar dan masih normal daya seka airnya, meski karet sudah tidak lentur. Tapi, jika karetnya sudah menipis atau sobek, berpotensi muncul gesekan antara besi dan kaca.

Product Improvement Department Head Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi mengatakan, kemampuan menyeka air dan daya tahan menjadi keunggulan wiper model rangka.

Wiper yang ada rangka besinya lebih stabil saat menyeka air ketika hujan deras. Tapi kalau mau modern, bisa pakai frameless yang saat ini sudah banyak di pasaran,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya