Bikin Ruang Mesin Mobil Kinclong, Gampang Kok

Membersihkan mesin mobil. Ilustrasi
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Sama seperti eksterior dan interior, ruang mesin pada mobil juga perlu diperhatikan kebersihannya. Saat musim hujan, kompartemen mesin kerap terkena cipratan air kotor dan lumpur.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Kondisi ruang yang sempit dan kurang apik dipandang, membuat banyak pemilik mobil enggan membersihkannya?. Padahal, caranya tidak susah dan bisa dilakukan sendiri di rumah saat senggang.

Dilansir dari laman Total Indonesia, Selasa 11 Desember 2018, langkah pertama sebelum membersihkan ruang mesin adalah menyiapkan bahan pembersih dan selang air. Deterjen yang digunakan bisa didapat dari dapur, yakni sabun colek.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Bersihkan bagian mesin yang mudah lebih dulu, seperti bagian bawah kap mobil. Semprot dengan air, tapi jangan bertekanan tinggi. Gunakan sabun colek, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

Ilustrasi membersihkan mesin mobil

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Yang perlu diperhatikan adalah, sampai sabun mengering, karena dapat meninggalkan bekas pada mesin. Keringkan dengan menggunakan kain, sehingga tidak ada air yang menetes ke mesin mobil.

Langkah selanjutnya adalah mencuci ruang mesin mobil. Semprotkan air terlebih dahulu pada ruang mesin dengan tekanan standar. Anda dapat memulai membersihkan bagian belakang mesin, dan dilanjutkan hingga ke bagian depan. Manfaatkan spons atau kuas dengan deterjen.

Saat proses pembilasan, gunakan air dengan tekanan rendah, agar tidak menyebar ke bagian-bagian lainnya. Lap mesin mobil dengan sedikit tekanan pada bagian yang terdapat noda (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya