Tips Cegah Karat pada Motor di Musim Penghujan

Pengendara sepeda motor menggunakan mantel saat hujan di kawasan Jalan MH Thamrin Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Memasuki bulan Desember, hujan terus mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia. Hal ini tentu membuat pemilik kendaraan harus lebih memperhatikan motor yang digunakan agar karat di beberapa komponen tidak terjadi.

Pecah Rekor, Inkanas Raih Emas World Karate Federation Youth League

Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat Ade Rohman mengatakan, pemilik kendaraan harus segera membersihkan motor sesudah digunakan saat menembus hujan.

"Cara merawatnya dengan melakukan pembersihan atau mencuci motor, lalu mengeringkan dengan mengelap atau menyemprot angin dan kemudian lakukanlah pelumasan kepada komponen yang bergesekan atau bergerak," kata Ade.

ASKI Sends 23 Karateka to KWF World Championships in Tokyo

Agar mesin tetap optimal, Ade juga menyarankan pemilik untuk tetap menjaga bagian kelistrikan. Cara yang disarankan ialah menghindari genangan air saat berkendara. "Hindari genangan air serta banjir yang dapat merendam sebagian atau seluruh bagian mesin serta elektrik." 

"Sedangkan untuk merawat motor, pemilik sebaiknya rutin memeriksa tutup oli mesin agar terhindar dari kebocoran. Lalu periksa tutup busi dari kebocoran yang mengakibatkan konsleting, serta perhatikan kabel bodi dari pengelupasan atau kemasukan air," ujarnya.

18 Atlet Karate Indonesia Renzo United Tampil di Thailand Open 2023, Pembuktian Jadi Juara Sejati

Selain itu, pengendara juga sebaiknya segera membersihkan kendaraan setelah menggunakannya di musim penghujan. "Saat hendak mengeringkan motor dengan dilap atau saat hendak disemprot angin kompresor, periksa juga accu khususnya pada motor matik," ujarnya. (yns)

Nagham Abu Samra Juara Karate Asal Palestian

Nagham Abu Samra, Juara Karate Asal Palestina Meninggal Usai Serangan Biadab Israel

Nagham Abu Samra juara karate asal Palestina meninggal dunia usai serangan biadab yang dilakukan oleh Israel.

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2024