Ini Fungsi Kaca di Tabung Freon Mobil, Enggak Banyak yang Tahu

Tabung freon AC mobil
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Terjebak di kemacetan panjang saat siang hari, bisa membuat seseorang mudah emosi dan lelah. Apalagi, jika ditambah dengan kondisi pendingin kabin mobil yang tidak bekerja maksimal.

Terpopuler Otomotif: Mobil Hitam Ditabrak Berkali-kali, Honda HR-V Kena Recall Lagi

Sama seperti di rumah, pendingin kabin atau biasa disebut dengan istilah air conditioning (AC) bekerja dengan memanfaatkan senyawa kimia yang diberi nama freon.

Freon mampu mengikat hawa panas yang ada di dalam kabin, untuk kemudian dilepaskan ke udara di bagian depan mesin. Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan pemampatan, yang menghasilkan perubahan energi.

3 Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Bisa Merusak

Sama seperti mesin mobil, pendingin kabin juga memerlukan perawatan secara rutin. Dilansir dari laman Total Indonesia, Kamis 13 Desember 2018, saringan udara AC perlu diganti tiap enam bulan sekali, atau tiap kelipatan jarak 10 ribu kilometer.

Ilustrasi menyalakan AC mobil.

4 Cara Cepat Turunkan Suhu AC Mobil di Cuaca Panas

Jika hal itu tidak dilakukan, maka udara yang diembuskan kipas tidak akan maksimal sejuknya. Belum lagi bau tidak enak yang harusnya diserap oleh penyaring tersebut.

Selain mengganti saringan udara AC, sebaiknya juga mengecek receiver drier. Peranti yang lebih akrab disebut dengan drier ini berfungsi untuk menyaring kotoran serta air, yang ikut terbawa saat terjadi proses sirkulasi bersama freon.

Bentuknya berupa tabung berwarna perak atau hitam, dengan kaca kecil di bagian atasnya. Di dalam sebuah receiver drier terdapat dua komponen penting, yakni drier atau pengering dan juga saringan.

Anda juga harus memastikan kondisi freon pada bagian atas receiver drier tersebut, melalui kaca kecil yang ada di atasnya. Jika terlihat menghitam, berarti sudah saatnya mengganti dengan yang baru. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya