Ban Depan Motor Selalu Lebih Kecil dari Belakang, Ini Alasannya

Ban tapak lebar pada sepeda motor.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Setiap motor pasti mempunyai desain dan ukuran pelek berbeda-beda, disesuaikan jenis motornya. Motor jenis skuter matik yang dijual di Indonesia, rata-rata menggunakan pelek berukuran 12-16 inci.

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

Sedangkan, motor jenis naked, bebek atau fairing sport, ukuran peleknya rata-rata 17-18 inci. Meski demikian, lebar lingkar roda depan dan belakang pasti berbeda.

Marketing Communcations Department Head Planet Ban, Bagus Ardian mengatakan, ukuran ban motor antara depan dan belakang selalu berbeda, dengan alasan agar seimbang.

Siap-siap Kaget, Ini Efek Campur Nitrogen dengan Angin Biasa di Ban Motor

“Untuk komposisi ban, dalam safety riding seperti itu. Belakang itu membutuhkan telapak yang lebih lebar, agar daya cengkeramnya bagus,” ujarnya kepada VIVA, Rabu 16 Januari 2019.

Hal senada juga disampaikan pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu. Menurutnya, alasan utama ban belakang lebih besar dari depan, untuk menjaga motor tetap stabil saat berakselerasi atau bermanuver.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

“Beban perpindahan bobot yang terjadi pada saat motor bergerak dan berakselerasi. Agar ban tidak mudah spin out saat akselerasi. Jika ban belakang ukurannya lebih kecil dari depan, akan terjadi oversteer,” tuturnya. (ann)

Vespa matic di towing

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Radyan Mahandya Putra dari Scooter VIP kasih tips jika meninggalkan Vespa Matic di rumah saat mudik lebaran yang patut Anda lakukan.  Salah satunya isi bensin yang penuh.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024