Ban Depan Motor Selalu Lebih Kecil dari Belakang, Ini Alasannya

Ban tapak lebar pada sepeda motor.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Setiap motor pasti mempunyai desain dan ukuran pelek berbeda-beda, disesuaikan jenis motornya. Motor jenis skuter matik yang dijual di Indonesia, rata-rata menggunakan pelek berukuran 12-16 inci.

Siap-siap Kaget, Ini Efek Campur Nitrogen dengan Angin Biasa di Ban Motor

Sedangkan, motor jenis naked, bebek atau fairing sport, ukuran peleknya rata-rata 17-18 inci. Meski demikian, lebar lingkar roda depan dan belakang pasti berbeda.

Marketing Communcations Department Head Planet Ban, Bagus Ardian mengatakan, ukuran ban motor antara depan dan belakang selalu berbeda, dengan alasan agar seimbang.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

“Untuk komposisi ban, dalam safety riding seperti itu. Belakang itu membutuhkan telapak yang lebih lebar, agar daya cengkeramnya bagus,” ujarnya kepada VIVA, Rabu 16 Januari 2019.

Hal senada juga disampaikan pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu. Menurutnya, alasan utama ban belakang lebih besar dari depan, untuk menjaga motor tetap stabil saat berakselerasi atau bermanuver.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Penyebab Ban Motor Baru Terasa Licin

“Beban perpindahan bobot yang terjadi pada saat motor bergerak dan berakselerasi. Agar ban tidak mudah spin out saat akselerasi. Jika ban belakang ukurannya lebih kecil dari depan, akan terjadi oversteer,” tuturnya. (ann)

Ilustrasi tambah angin untuk sepeda motor

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

Ban motor adalah salah satu komponen terpenting pada sepeda motor, yang memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan berkendara. Tekanan angin ban yang

img_title
VIVA.co.id
7 Oktober 2023