Jangan Lagi Lakukan Kebiasaan Ini saat Ganti Oli Motor

Ilustrasi ganti oli motor.
Sumber :
  • Rideapart

VIVA – Saat berkunjung ke bengkel sepeda motor untuk mengganti oli, biasanya proses mengeluarkan pelumas dibantu dengan angin dari mesin kompresor.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Sebenarnya, hal itu bertujuan baik, supaya seluruh sisa oli di bak kopling keluar semua, termasuk kerak dan kotorannya. Namun, tak banyak yang tahu kalau sebenarnya cara itu salah.

Dilansir dari laman Suzuki, Sabtu 9 Februari 2019, menyemprotkan angin ke lubang pengisian oli mesin bisa berakibat fatal. Angin dari kompresor mengandung uap air, dan berpotensi masuk dan menempel di bagian dalam mesin.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sebenarnya, tanpa dibersihkan dengan kompresor, mesin akan tetap bersih. Mengingat, terdapat saringan oli yang berfungsi menahan kotoran agar tidak ikut bersirkulasi.

Justru ketika disemprot, kotoran yang ada di dalam saringan pelumas itu akan tersembur keluar. Bila hal itu terjadi, maka kotoran tersebut berpotensi menimbulkan kerusakan pada komponen mesin.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Jika tetap ingin mengeluarkan sisa oli di dalam mesin, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan starter engkol. Tentu saja, kunci kontak dalam posisi mati.

Tidak perlu banyak-banyak melakukannya, cukup gunakan 3-5 kali, dan ulangi langkah ini setelah motor didiamkan selama 10 menit. Secara perlahan, sisa oli kotor akan keluar dengan sendirinya. (ase)

Laporan Septian Farhan/Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya