Begini Cara yang Benar Membersihkan Helm, Jangan Direndam Busanya

Jemur helm di bawah sinar matahari.
Sumber :
  • Fotografer.net

VIVA – Setiap pengendara sepeda motor tentu ingin memiliki alat pelindung kepala yang bagus dan bebas bau. Sayangnya, kemacetan dan cuaca membuat hal itu terkadang sulit untuk bisa diwujudkan.

Pakai Helm Motor Suka Pusing Kepala? Mungkin Ini Penyebabnya

Keringat dan air hujan kerap membuat helm bau apek. Jika sudah begitu, maka solusinya adalah dengan membersihkan bagian dalamnya. Umumnya, pekerjaan itu diserahkan ke jasa cuci helm.

Menurut Executive Director RSV Helmet, Richard Ryan, mencuci helm yang benar sangat penting untuk menjaga kualitasnya. Apalagi, jika helm tersebut harganya cukup mahal.

Helm Pintar Sena Dijual Mulai Rp9 Jutaan, Memang Sepintar Apa?

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan pemilik helm adalah, mencopot padding atau busa bagian dalam dan merendamnya di air. Richard mengatakan, hal itu bisa merusak kualitas helm tersebut.

“Kalau direndam, bisa bikin busanya berubah. Meski sesudah itu dikeringkan dengan pengering rambut sekalipun. Biasanya, ukurannya jadi naik setengah tingkat,” ujarnya di Jakarta, Senin 11 Februari 2019.

Cara Merawat dan Cuci Helm Motor yang Benar, Mudak Kok

Cara paling benar, kata Richard, adalah dengan mengelapnya menggunakan kanebo. Basahi kanebo secukupnya, lalu gosok padding dengan lap tersebut.

“Karena enggak basah banget, maka cepat kering. Enggak perlu dijemur di terik matahari,” tuturnya.

Jika dirasa padding sudah mulai tidak nyaman, maka Richard menyarankan untuk menggantinya. Biaya yang harus dikeluarkan berbeda-beda, tergantung merek dan tipe helm. “Kalau di kami, harga padding Rp175 ribu. Sudah lengkap kiri, kanan dan atas.” kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya