Jumlah Penumpang Ternyata Memengaruhi Kejernihan Kaca Mobil

Ilustrasi kaca mobil berembun
Sumber :
  • Suzuki

VIVA – Kaca mobil yang berembun dapat mengurangi visibilitas pengendara ketika menyetir. Jika terus dibiarkan, pandangan pengendara ke arah jalan berisiko mengalami gangguan.

Kaca Mobil Bisa Pecah Mendadak, Ini Penyebabnya

Selain kondisi hujan yang mengguyur deras, apa sebenarnya yang menyebabkan kaca mobil berembun?

Dilansir dari laman Suzuki, Senin 11 Februari 2019, salah satu penyebab kaca mobil berembun adalah karena kabin mobil yang lembap. Sehingga, mengakibatkan banyaknya partikel air terpapar hawa dingin dari AC mobil.

Terlalu Sering Poles Kaca Mobil Bisa Berdampak Negatif

Umumnya, embun di dalam kabin mobil muncul karena tingkat kelembapan udara yang tinggi. Embun pada kaca bisa muncul juga, karena adanya perbedaan suhu antara kabin dan suhu di luar. Jika suhu kabin lebih panas dari luar, maka siap-siap kejernihan kaca berkurang.

Proses terbentuknya embun, atau yang sering disebut kondensasi, juga bisa bermula dari embusan napas yang bertemu dengan tekanan udara dalam kabin.

Begini Cara Buka Kaca Mobil yang Benar agar Irit BBM

Uap air yang sudah tidak tertampung, baik itu oleh tubuh maupun udara kabin, otomatis akan mencari lokasi terdingin, dan yang terdekat adalah kaca mobil. Kadar embun akan lebih banyak muncul, ketika kabin mobil terisi lebih dari satu penumpang.

Untuk menghindari kondensasi, pemilik mobil disarankan melakukan perawatan AC berkala. Paling tidak, setiap tiga bulan penyaring udara kabin dibersihkan, dan jangan lupa melakukan pengecekan pada tekanan freon.

Laporan Septian Farhan/Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya