Memanaskan Mesin Tidak Perlu Lama-lama, Ini Alasannya

Ilustrasi asap mobil.
Sumber :
  • Acc

VIVA – Salah satu rutinitas para pemilik kendaraan di pagi hari, adalah memanaskan mesin. Hal itu biasanya dilakukan selama beberapa menit, hingga suhu mesin mencapai ideal.

Ini Tradisi yang Wajib Dilakukan Sebelum Hidupkan Mesin Mobil

Sejauh ini, banyak yang percaya mesin mobil wajib dipanaskan rutin setiap hari. Ketika bepergian mendadak dan tak sempat melakukannya, mereka merasa resah akan performa mesin. Tapi, benarkah mesin mobil harus dipanaskan secara rutin?

Dilansir dari laman resmi Suzuki, Senin 18 Februari 2019, terungkap bahwa sebenarnya kegiatan memanaskan mobil tidak harus dilakukan. Apalagi, sampai dijadikan rutinitas harian.

Pesaing Mobil Toyota Corolla Cross Hadir Lebih Kencang

Terlebih, untuk mobil-mobil saat ini, yang mayoritas sudah didesain mutakhir, sehingga bisa langsung menyesuaikan dengan berbagai macam suhu.

Mesin-mesin mobil yang sudah mengadopsi pengabutan injeksi, sistem komputernya bisa menyesuaikan secara otomatis. Alhasil, memanaskan mesin mobil hingga siap digunakan tak lagi butuh waktu lama.

Mobil Pick-up Ini Memiliki Performa yang Tinggi

Ketika suhu di luar sedang dingin, oli mesin akan menyusut secara volume. Namun, itu akan terjadi jika mobil tidak dipakai dalam waktu lama. Jadi, jika kendaraan digunakan setiap hari, tidak perlu memanaskan mesinnya hingga lebih dari lima menit.

Memanaskan mesin terlalu lama juga berisiko menimbulkan emisi gas buang berlebihan, jika hal itu dilakukan di ruang tertutup. Pastikan melakukannya dengan dukungan sirkulasi udara yang cukup. (yns)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022