Kenali Tanda-tanda Kerusakan Busi Mobil, Gak Susah Kok

Bengkel mobil
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA – Mempunyai mobil tentu akan lebih bagus lagi jika disertai dengan pengetahuan mengenai bagian-bagian mobil. Paling tidak, untuk beberapa bagian yang terbilang sering ditemukan masalah. Salah satunya busi.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Ya, busi merupakan bagian terpenting dalam mobil yang harus diperhatikan kondisinya. Busi mesin yang rusak akan berdampak pada ketidaknyamanan saat berkendara. Bahkan, busi mesin mobil yang rusak bisa mengakibatkan mesin kehilangan tenaga dalam kondisi tertentu.

Dampak lain yang ditimbulkan akibat busi mesin yang tidak dalam kondisi baik akan membuat mesin menjadi tidak seimbang karena tenaga yang dikeluarkan tidak sama pada tiap silinder mesin. Dampak paling fatal dari kerusakan busi adalah akan membuat mobil mati.

Para Pemilik Daihatsu Rocky, Gran Max dan Luxio Perlu Baca Ini

Dilansir situs resmi Daihatsu, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kerusakan atau masalah pada busi mobil. Bisa dilakukan saat mobil mati maupun hidup atau bahkan saat mobil dijalankan.

Berikut ini cara untuk mengetahui busi mobil bermasalah atau rusak:

Mobil yang Diproduksi di Indonesia Ternyata Laku di 75 Negara

1. Tanda-tanda kerusakan saat mesin idle

Masalah pada busi tentunya bisa dideteksi saat mesin mobil dalam kondisi idle. Jika terjadi masalah pada busi mobil, putaran mesin akan terasa tidak halus. Hal ini dapat sahabat rasakan dari dalam kabin mobil. Dalam keadaan idle biasanya akan muncul getaran-getaran yang menandakan busi bermasalah. Pada saat menarik tuas gas mobil, akan terasa berat. Hal ini juga bisa menjadi petunjuk bahwa ada masalah dengan busi mobil. Jika tanda-tanda tersebut sudah terasa, segera bawa mobil ke bengkel.

2. Tanda-tanda kerusakan busi saat mobil jalan

Tanda-tanda kerusakan pada busi mobil selanjutnya bisa dideteksi saat mobil dijalankan. Busi yang bermasalah akan menyebabkan akselerasi pada mobil menjadi tidak maksimal. Akselerasi menjadi terhambat karena mobil kekurangan tenaga. Hal ini disebabkan oleh busi yang tidak terawat. Segera periksakan mobil Anda ke bengkel.

3. Tanda-tanda kerusakan busi saat mobil mati

Jika merasa ada yang tidak nyaman pada tarikan mesin mobil, segeralah periksa bagian busi mobil. Anda bisa mendeteksi apakah busi mobil masih layak pakai atau sudah harus diganti melalui warna busi tersebut.

Apabila busi berwarna kecokelatan, ini menandakan masa penggunaan busi hampir habis dan harus segera diganti. Jika warna busi kemerahan atau kuning, ini menandakan mesin mobil melakukan pemanasan berlebihan, dan bagian yang harus dicek adalah bagian pendingin.

Jika kondisi busi warna hitam gosong, itu menandakan ada yang salah dari setelan bahan bakar mobil, dan jika busi meleleh, kemungkinan kompresi mobil sahabat mengalami kebocoran, jadi segeralah bawa mobil ke bengkel kepercayaan. Nah, semoga bermanfaat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya