Parfum Mobil, Jangan Coba-coba Taruh di Dekat AC

Ilustrasi menyalakan AC mobil.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA – Kabin beraroma tak sedap bisa akibatkan rasa tak nyaman saat berkendara. Guna mengusirnya, pemilik mobil terbiasa gunakan pengharum khusus. Namun sebelumnya, ada satu hal yang perlu diperhatikan, sebelum Anda mulai memasang pengharum mobil.

Terpopuler Otomotif: Mobil Hitam Ditabrak Berkali-kali, Honda HR-V Kena Recall Lagi

Umumnya, pengharum mobil diletakkan di depan grill AC. Namun kenyataannya, langkah itu keliru. Menurut laman resmi Daihatsu, dikutip Kamis 21 Februari 2019, parfum mobil mengandung bahan kimia, yang sifatnya dapat merusak plastik grill AC. Hal ini dapat akibatkan grill AC menjadi getas, kemudian patah dan hancur.

Bila ingin gunakan pengharum mobil, usahakan untuk menempatkannya jauh dari komponen interior yang terbuat dari plastik. Misalnya, di bawah jok depan.

3 Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Bisa Merusak

Sementara, untuk pengharum jenis cair, pastikan bagian tutupnya terkunci rapat, dan tidak ada kerusakan pada bagian sabut penyerap cairannya. Sebaiknya, khusus untuk pengharum cair, letakkan di atas dasbor, dengan menggunakan double tape. Karena apabila parfum tumpah, dikhawatirkan bisa merusak karpet dasar dan peredam lantai mobil.

Kemudian, pengharum mobil yang sudah dilengkapi tali karet, bisa digantungkan di cermin spion tengah. Jangan justru digantungkan di safety belt, karena dapat merusak cover plastiknya.

4 Cara Cepat Turunkan Suhu AC Mobil di Cuaca Panas

Dengan cara ini, mobil tetap wangi semerbak, panel-panel plastik interior mobil tetap terjaga dan tak mudah rusak. (kwo)

AC mobil (Ilustrasi).

Satu Keluarga Keracunan AC Mobil hingga Tewaskan 1 Orang, Ini Tips Mencegahnya

 Keracunan udara akibat Air Conditioner (AC) mobil kembali terjadi, bahkan menelan korban jiwa satu orang. Ada beberapa cara untuk menghindari keracunan gas ac mobil itu.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024