Mobil Murah Enggak Pakai Peredam di Kap Mesin, Ini Efek Buruknya

Kap mesin mobil yang tidak dipasangi peredam.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Sebagian mobil yang dibuat oleh pabrikan, sudah dibekali dengan peredam di bagian kap mesin. Tapi, ada juga yang belum memilikinya. Seperti beberapa model yang ditawarkan dengan harga terjangkau, yakni Honda Brio Satya, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, ada alasan khusus mengapa mobil-mobil yang masuk dalam segmen low cost green car atau LCGC, tidak dibekali peredam.

"Ongkos produksi adalah faktor utama. Secara fungsi, peredam berguna meredam suara mesin dan membantu panas di ruang mesin konstan. Kalau enggak pakai, efeknya panas. Warna kap mesin bisa kena pengaruh, tapi waktunya lama," ujarnya kepada VIVA, Selasa 26 Februari 2019.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Hal senada juga disampaikan Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi. Dia menjelaskan, fungsi peredam di kap mesin sebagai bahan isolator, khususnya untuk meredam suara mesin masuk ke kabin.

"Kalau tidak pakai, maka lebih banyak suara mesin yang masuk ke kabin dibanding yang pakai isolator. Sebenarnya, tidak ada kewajiban pabrikan memasang komponen tersebut," tuturnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Menurut Bambang, untuk mobil LCGC seperti Sigra dan Ayla, penentuan harga kendaraan ada aturannya dari pemerintah.

"Jadi, tidak bisa diatur sendiri oleh masing-masing pemegang merek. Ini (peredam) terkait sama aturan penentuan harga tersebut," katanya. (kwo)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022