Mencari Titik Tumpu Dongkrak Mobil yang Tepat, Ini Panduannya

Ilustrasi dongkrak mobil
Sumber :
  • Carbibles

VIVA – Dongkrak adalah salah satu perkakas yang wajib ada di setiap mobil. Saat terjadi masalah pada roda, alat tersebut digunakan untuk membantu mengangkat bodi mobil.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Jika tidak memahami prosesnya dengan baik dan benar, menggunakan dongkrak cukup merepotkan. Terutama yang baru memiliki mobil, kadang bingung posisi tumpuan dongkrak idealnya seperti apa.

Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, setiap dongkrak didesain sesuai dengan tipe dan berat kendaraan. Begitu juga titik tumpuannya, sudah ditentukan dan tertera di dongkrak maupun buku panduan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Titik tumpuan sudah didesain, sebagai fondasi yang kuat dalam mengangkat beban kendaraan. Kalau salah titik, mengakibatkan deformasi atau kerusakan," ujarnya kepada VIVA, Rabu, 27 Februari 2019.

Didi mengatakan, setiap mobil memiliki titik tumpuan yang berbeda-beda. Untuk Rush atau Avanza, jika bagian roda depan yang bocor, maka titiknya di lengan ayun roda bagian bawah.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Jika masalah terjadi di roda belakang, maka titik tumpu dongkrak adalah batang stabilizer. Untuk kendaraan sekelas sedan, titik dongkraknya di bawah pintu.

Dongkrak biasanya ada tiga jenis, yakni model ketupat, hidrolik atau mulut buaya. Biasanya, dongkrak yang didapat dari pabrikan mobil atau diler model ketupat, karena mudah digunakan dan disimpan. (ase)

Lokasi kegiatan SME's Hub di Marina Waterfront Labuan Bajo

KTT ASEAN Dongkrak 20 Persen Kunjungan dan Bantu Target 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Kegiatan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur diyakini mampu mengerek arus kunjungan turis.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2023