Begini Anggapan yang Salah soal Freon AC Mobil

Tabung freon AC mobil
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Setiap kali pendingin kabin mobil terasa kurang dingin, freon selalu yang pertama disalahkan. Bahkan, ada beberapa yang berpendapat, senyawa kimia tersebut memiliki masa pakai. Sehingga, harus diganti secara berkala.

3 Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Bisa Merusak

Dilansir dari laman resmi Hyundai Indonesia, Jumat 1 Maret Februari 2019, freon air conditioner atau AC tidak mungkin habis. Sebab, sirkulasinya dibuat dengan sistem tertutup.

Freon hanya dapat berkurang, apabila ada kebocoran. Baik itu di komponen kompresor, kondensor, evaporator, atau pipa-pipa penghubung.

4 Cara Cepat Turunkan Suhu AC Mobil di Cuaca Panas

Jika salah satu komponen tersebut mengalami masalah, maka bisa juga menjadi penyebab kurang sejuknya udara yang diembuskan evaporator.

Selain itu, adanya kerenggangan dan lubang pada karet di sambungan selang dan pipa, juga jadi penyebab freon alami kebocoran. Solusinya, segera periksa ke bengkel untuk mendapat pemeriksaaan menyeluruh.

Ini Penyebab AC Mobil Enggak Dingin saat Cuaca Panas

Sebenarnya, cara paling tepat agar AC mobil tetap dingin dan tak perlu menambah freon, adalah dengan rutin melakukan servis. Minimal, satu tahun sekali.

Tujuannya, selain menjaga AC mobil tetap optimal, langkah ini juga memudahkan pemilik mobil untuk mendeteksi adanya kebocoran. Sebab, kebocoran pada AC mobil tersebut, yang jadi penyebab utama freon cepat habis. (re2)

VIVA Otomotif: Mobil parkir sembarangan ditabrak pemilik rumah.

Terpopuler Otomotif: Mobil Hitam Ditabrak Berkali-kali, Honda HR-V Kena Recall Lagi

Berita yang membahas mengenai mobil hitam ditabrak berkali-kali dan Honda HR-V kena recall lagi, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2023