Resep Lepas Gas Tanpa Injak Rem ala Rifat Sungkar, Ampuh saat Hujan

Mengemudi mobil di tengah hujan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA – Musim hujan memaksa pengemudi mobil untuk meningkatkan kewaspadaan. Sedikit saja lengah, mobil bisa tergelincir, akibat jalan licin. Belum lagi embun di kaca depan mobil, yang kadang mengganggu jarak pandang pengemudi. Hal-hal demikian, bila tak dipedulikan, akan timbulkan celaka.

Great Enthusiasm for the Hyundai Festival in Jakarta

Menurut pembalap kenamaan di Tanah Air, Rifat Sungkar, meskipun hujan membawa risiko tambahan bagi pengguna jalan, bukan berarti mengemudi dilarang. Terdapat banyak langkah waspada, yang bisa diterapkan pengemudi selama berada di jalan raya.

Paling utama, perhatikan kondisi roda. Saat hujan, ban dengan tekanan angin besar tak baik. Sebab tapak yang menempel hanya bagian kiri dan kanan saja. Bagian tengah sedikit mengambang. Namun demikian, tekanan angin yang kurang juga rawan bahaya, karena berisiko mudah sobek.

Puncak Harinya Hyundai Beri Ragam Keseruan untuk Warga Jakarta

"Cek tekanan angin, kalau bisa sesuai anjuran pabrikan," kata pria yang kini menjadi Duta Keselamatan Lalu Lintas itu, ditemui di Jakarta, Minggu 3 Maret 2019.

Selanjutnya, sebelum berkendara saat hujan, selalu periksa posisi air-intake dalam kap mesin. Sebab, saat melalui genangan air, tidak dianjurkan melewati batas dari posisi air-intake.

Begini Cara Aman Berkendara dengan Motor Listrik

Kemudian, selain alasan teknis tersebut, Rifat juga mengatakan, bahwa ada alasan lain yang tak kalah penting, yaitu terletak pada diri pengemudi sendiri. Misalnya, tergesa-tergesa menginjak pedal rem.

"Pas melewati genangan air, jangan menginjak rem dadakan. Karena akan menyebabkan selip dan akibatnya fatal," katanya.

Ia juga menyarankan, bahwa sebaiknya, ketika melewati genangan air, pengemudi melakukan deselarasi, dengan melepas gas tanpa menginjak pedal rem. Jangan lupa, selalu perhatikan juga kondisi jalan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya