Panduan Memilih Mobil Drift ala Pembalap Senior

Ilustrasi drifting.
Sumber :

VIVA – Melakukan aksi drifting tak semudah kelihatannya. Selain keahlian mengemudi, ketepatan memilih mobil juga menentukan keberhasilan.

Sentul Punya Sirkuit Drifting Dadakan

Pembalap sekaligus pengamat otomotif Tanah Air, Rifat Sungkar mengatakan, mobil yang paling ideal untuk belajar drifting adalah sedan.

“Harus (pakai) sedan, karena low centre gravity, lebih baik,” ujarnya di Jakarta, Selasa 5 Maret 2019.

Nathalie Holscher Jelaskan Soal Tato, Natizen: Udah Gak Enak Dilihatnya

Meski demikian, bukan berarti mobil jenis lain tidak bisa dipakai untuk aksi mengepot tersebut. Hanya saja, itu dilakukan dengan tujuan sebagai hiburan, bukan kompetisi. Hal itu pernah ia lakukan beberapa waktu lalu.

“Kalau pakai Mitsubishi Pajero Sport, sekedar untuk show aja. Itu juga sudah dimodifikasi khusus, tak seperti mobil biasa. Tapi, untuk drifter pemula, wajib pakai sedan,” tuturnya.

Begini Cara Penggemar Film The Fast and Furious di Indonesia Sambut Fast X

Ia juga menambahkan, pemilihan sedan sebagai mobil drifting, tak lepas dari alasan keselamatan. jarak bodi ke tanah yang rendah, membuat sedan mustahil terpelanting saat melakukan aksi.

Selain itu, disarankan juga menggunakan mobil penggerak roda belakang, guna memudahkan bodi belakang tergelincir.

“Penggerak roda belakang punya gejala yang namanya oversteer, dan hal tersebut bisa dikontrol dengan setup geometri suspensi yang benar pada mobil berpenggerak roda belakang.” (re2)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya