Enggak Banyak yang Tahu, Mengencangkan Rantai Motor Ada Aturannya

Rantai motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA – Rantai sepeda motor yang terlalu kendur, bisa menyebabkan suara berisik dan berkurangnya tenaga mesin. Oleh sebab itu, banyak yang memutuskan untuk melakukan pengencangan terhadap pemutar roda belakang tersebut.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun ternyata, mengatur tarikan rantai tak semudah itu. Mengingat, pengencangan atau pengendurannya membutuhkan beberapa pertimbangan. Salah satunya, beban penumpang sepeda motor.

Apabila sering berboncengan, terutama dengan yang posturnya besar, disarankan tak menarik rantai terlalu kencang. Sebab, komponen tersebut akan menegang dan bisa berakhir putus.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Pemilik bengkel Agatha Motor di Jalan Jenderal Sudirman Bekasi, yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan, bahwa dalam pengaturan tarikan rantai, baiknya berpatokan pada beban yang sering ditanggung sepeda motor.

"Kalau naik motor, beban kan ditanggung sama ban belakang. Apalagi kalau boncengan. Jadi, rantai itu (yang terlalu kencang), membawa beban yang berat, bakalan kaget di tarikan pertama. Kalau langsung gas pol, bisa-bisa putus di tempat," ujarnya, saat ditemui VIVA, Kamis 14 Maret 2019.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Artinya, lanjut pria tersebut, penting untuk menyelaraskan beban yang ditanggung sepeda motor, dengan tingkat kekencangan rantai. Apabila proses pengencangan rantai dilakukan di bengkel, jangan ragu menyampaikan ke mekanik perihal beban tersebut.

"Setiap mau mengencangkan rantai, dikira-kira bebannya. Kalau yang mengencangkan mekanik, bilang motor lebih sering dipakai sendiri atau membonceng," tuturnya. (kwo)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022