Lampu Kabut Putih di Indonesia Enggak Efektif, Gara-gara Aspal

Toyota All New Rush 2018
Sumber :
  • ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

VIVA – Sebagian besar mobil baru saat ini dilengkapi fog lamp atau lampu kabut, dengan jenis pencahayaan beda-beda. Untuk mobil kelas premium, biasanya cahaya lampu kabutnya putih, yang berasal dari bohlam light emitting diode atau LED.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Cahaya putih pada lampu kini banyak digunakan, karena terlihat lebih elegan. Selain itu, lampu LED putih juga efektif saat berada di kawasan yang tidak terlalu gelap, seperti perkotaan.

Berbeda dengan mobil sejuta umat, yang cahaya lampu kabutnya kuning, karena menggunakan bohlam biasa. Tapi secara penerangan, lampu ini justru lebih baik.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Seperti yang disampaikan Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi. Dia mengatakan, lampu kabut LED cahayanya kurang bagus, dibandingkan dengan bohlam? cahaya kuning. Hal itu dipengaruhi oleh kualitas aspal.

"Kami pernah edukasi, bahwa lampu kabut itu jangan pakai LED. Takutnya, saat hujan, aspal hitam tidak kelihatan," ujarnya kepada VIVA, Jumat 5 April 2019.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Didi menyebut, semua mobil Toyota yang diproduksi di dalam negeri, seperti Yaris, Avanza dan Innova, menggunakan lampu kabut berwarna kuning. Berbeda dengan model impor, seperti Voxy.

"Kalau produksi lokal, saat ini belum ada yang menggunakan LED untuk lampu kabut. Selain aspal, kabut itu kalau disinari warna kuning bisa tembus, sering kami coba," katanya. (yns)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022