Kiat Mengendarai Mobil yang Aman untuk Ibu Hamil

Ilustrasi wanita hamil mengemudi
Sumber :
  • Jezebel

VIVA – Wanita hamil umumnya banyak pantangan dalam melakukan berbagai kegiatan. Namun, untuk mengendarai mobil ternyata masih diperbolehkan. Hanya saja, jarak tempuhnya tidak bisa terlalu jauh, dan disesuaikan dengan usia kandungan.

Kenali Bahayanya Wanita Hamil di Bawah Usia 21 Tahun

Dokter dari Rumah Sakit Pertamina Jaya, Daniel Bramantyo mengatakan, boleh saja wanita hamil mengendarai mobil. Namun, tergantung besar dimensi perut. Kalau posisi berkendara tidak nyaman, akan berbahaya.

"Untuk berkendara sendiri, sebenarnya tidak ada pantangan, cuma posisi duduknya lebih tegak. Tidak boleh terlalu landai dan bungkuk. Posisi idealnya 100-90 derajat, agar posisi janin lebih rileks," ujarnya di Jakarta, Rabu 10 April 2019.

Cek Fakta: Ganjar Sebut Sebagian Besar Wanita Indonesia Menderita Anemia

Jarak dada, perut dan setir juga harus dipikirkan. Jarak setir dan dada akan lebih jauh, bagi usia kandungan yang sudah besar, karena dimensi perutnya.

"Sampai enggak tangannya ( ke setir kalau perut besar). Kalau tangannya panjang, berarti bagus. Itu pun tidak lebih dari satu jam, tetap harus senyaman mungkin. Sabuk pengaman di bawah perut, kami tidak menyarankan berkendara jarak jauh," tuturnya.

Viral Pria Adakan Pesta dengan 5 Pasangannya yang Sedang Hamil

Beberapa waktu lalu, pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu menyebut, ada baiknya ibu hamil tidak melakukan perjalanan panjang. Selain butuh banyak istirahat, ibu hamil juga rentan dengan guncangan. (dhi)

Ilustrasi hamil/ibu hamil/USG.

5 Pahala dan Keistimewaan untuk Wanita Hamil dalam Agama Islam

Wanita yang tengah mengandung dalam agama Islam harus bersyukur karena fakta bahwa wanita yang hamil dipandang mulia di hadapan Allah serta melimpahkan kebaikan kepadanya

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024