Naik Motor di Area Rumah Sakit Ada Etikanya, Sepele tapi Penting

Rumah Sakit dr Kariadi Semarang
Sumber :
  • Google Earth

VIVA – Area pintu masuk dan keluar merupakan titik tersibuk di rumah sakit. Sebab, banyak kendaraan berlalu-lalang membawa pasien. Keriuhan semakin parah, ketika pemilik kendaraan itu terburu-buru mengejar waktu.

4 Meninggal, Penderita DBD di Brebes Capai 446 Orang Selama Kurang dari 3 Bulan

Belum lagi mobil ambulance yang dalam tempo berdekatan, bergantian keluar dan masuk. Hal inilah, yang sepatutnya dimengerti oleh pengguna jalan lain, terutama bagi mereka yang kurang sabar ketika melaju di kawasan rumah sakit, bahwa satu-satunya hal yang sewajarnya bisa dilakukan adalah mengalah.

Artinya, kita harus lebih memahami, bahwa bagi pasien, waktu merupakan hal yang mesti dikejar. Sehingga, ketika ambulance atau mobil lain menikung masuk ke rumah sakit, usahakan untuk mengalah. Bisa jadi penumpang di dalamnya sedang berpacu dengan waktu, dan membutuhkan penanganan segera.

Khawatir Gempa Susulan, Pasien RS Unair Surabaya Dirawat di Tenda Darurat

Melansir dari laman Honda yang disadur 100kpj, Selasa 14 April 2019, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pengendara motor ketika melintasi area rumah sakit. Pertama, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengalah, atau mengurangi kecepatan sejenak.

Selanjutnya, ketika jalan terhalang oleh kendaraan yang ingin masuk ke rumah sakit, upayakan tidak membunyikan klakson. Sebab, bunyi-bunyian, apalagi yang memekakkan telinga, bisa mengganggu ketenangan pasien di dalam. Kembali lagi, usahakan tetap mengalah.

Jumlah Pasien DBD di Depok Meningkat 2 Kali Lipat

Selain itu, pengendara motor juga dihimbau untuk tidak melakukan hal yang menimbulkan kemacetan. Misalnya, melawan arah, atau menyalip dengan cara memotong jalan. Hal itu, kembali lagi, dikhawatirkan dapat menghambat ruang masuk kendaraan pasien.

Perilaku yang telah disebutkan barusan memang terbilang mudah, namun saking mudahnya, banyak orang yang mudah melupakan. Jadi, mulai sekarang, yuk berkendara lebih bijak!

Gambar Nyamuk DBD

DPR Kritisi Kenaikan Kasus DBD, Banyak Warga Tak Dapat RS

Anggota Komisi IX DPR RI, Edy Wuryanto memberikan atensi soal kenaikan kasus demam berdarah dengue (DBD) dalam negeri yang semakin mengkhawatirkan.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024