10 Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Lebaran

Ilustrasi bengkel mobil.
Sumber :
  • Shop and Drive

VIVA – Mobil yang hendak digunakan mudik wajib diperiksa, untuk memastikan kondisinya prima. Tujuannya agar meminimalisir masalah saat di perjalanan, dan sampai di kampung halaman dengan selamat.

Bisnis Perbaikan Bodi dan Cat Mobil Semakin Menjanjikan

Menurut rilis dari Bengkel Shop and Drive yang diterima VIVA, Sabtu 18 Mei 2019, pemilik mobil wajib melakukan pemeriksaan pada 10 komponen yang sifatnya krusial meliputi aki, oli, hingga kaki-kaki.

Pertama, pengecekan kelistrikan aki untuk mengetahui voltasenya. Jika lemah, dikhawatirkan aki akan soak di tengah perjalanan dan mobil susah dihidupkan. Maka kondisi kabel dan air aki diperiksa.

Catat, Ini Bengkel Rekomendasi Saat Mudik Ruas Semarang-Solo

Kedua adalah pemeriksaan oli mesin, transmisi dan gardan. Pergantian oli mesin sebelum perjalanan jauh penting, karena mencegah mesin over heat, keruskaan komponen lainnya.

Ketiga, pemeriksaan shock breaker, karena saat perjalanan mudik tidak diduga jalanan yang dilintasi seperti apa. Keempat, filter udara wajib dibersihkan agar tidak menurunkan performa, dan bahan bakar yang boros.

Pemerintah Malaysia Baik ke Pemilik Mobil Korban Banjir

Kelima, ada filter oli yang tak boleh luput dari pemeriksaan, dan filter AC agar dapat menyaring udara kotor yang dapat menimbulkan penyakit. Keenam, periksa tekanan angin, agar mobil tetap stabil saat kecepatan tinggi atau tikungan.

Lalu, ketujuh sampai kesepuluh, wajib periksa kondisi minyak rem, air radiator, wiper, lampu utama dan lampu sein. Semua komponen tersebut sangat penting fungsinya jika Anda melakukan perjalanan dekat atau jauh.

Bengkel mobil di Kembangan, Jakarta Barat, hangus terbakar

Bengkel Mobil di Kembangan Kebakaran Diduga Akibat Korsleting AC

Bengkel mobil Mitra Otomotif Utama di Kembangan, Jakarta Barat, kebakaradilalap si jago merah, pagi ini, akibat korsleting listrik

img_title
VIVA.co.id
2 Juni 2023