Tips Mudik ala Polisi, Waspadai Penyebab Kemacetan

Kendaraan pemudik memadati pintu gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Arus mudik terus menjadi topik hangat pemberitaan. Titik-titik kemacetan menjadi info penting bagi para calon pemudik. Tak heran jika masalah kemacetan saat mudik lebaran telah menjadi masalah sosial hingga saat ini.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Penyebab kemacetan juga kompleks. Misalnya jalan yang sudah tidak menampung, kerusakan jalan, putaran, penyempitan, tingkat kepadatan, perilaku pengguna jalan, hingga perilaku pengguna jalan yang memang masih suka melakukan pelanggaran.

Hal itu diungkapkan Brigjen. Pol. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si selaku Dirkamsel Korlantas Polri saat patroli jalur mudik operasi ketupat 2019.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Faktor-faktor yang menjadi potensi terjadinya perlambatan atau kemacetan yang harus menjadi perhatian diantaranya persimpangan sebidang, botle neck, Gate toll. Belum lagi ada perbaikan atau pembangunan jalan, pasar tumpah dan parkir sembarangan yang berdampak kemacetan sering dianggap wajar," ujarnya.

Chryshnanda juga mengingatkan penggunaan tol dalam jarak yang cukup panjang memerlukan pemahaman dan penyiapan fisik, kendaraan, dan berbagai prediksi serta solusi. Perlu kesiapan yang matang sebelum berangkat.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut Chryshnanda, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan terus dilakukan pihaknya terutama dengan memaksimalkan sistem-sistem pemantauan hingga penegakkan hukum di lapangan.

Nah berikut ini lima standar penting yang digunakana pihak kepolisian untuk meningkatkan keselamatan dan menurunkan tingkat kecelakaan di musim mudik lebaran tahun ini.

Pertamam, untuk kelancaran tentu harus mempertimbangkan standar kapasitas, prioritas dan emergencynya. Kedua, adanya sistem pemantauan dan pendeteksian  terkait volume arus/tingkat kepadatan arus lalu lintas.

Ketiga, standar volume kendaraan untuk mempertimbangkan kecepatan minimal maupun maksimal. Keempat, standar kapasitas yang tentu digunakan untuk menentukan prioritas pengaturan tingkat kepadatan dari pengalihan arus, contra flow hingga sistem one way.

Dan yang terakhir, standar pelayanan di gate dan exit toll yang tentunya harus bisa optimal sehingga tidak ada penumpukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya