Jangan Kelamaan Panaskan Mesin Mobil Ya, Bisa Rugi

Ilustrasi kunci mobil
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA – Salah satu hal yang selalu dilakukan para pemilik mobil di pagi hari, adalah memanaskan mesin. Tujuannya, agar mesin mencapai suhu ideal sebelum digunakan melintas di jalan raya.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Selain itu, memanaskan mesin juga berfungsi memberi waktu pada pelumas, untuk bersirkulasi di dalam mesin. Jika hal itu tidak terjadi, maka gesekan antar komponen bisa saja terjadi, yang berakibat rusaknya mesin.

Seiring perkembangan teknologi, mesin kendaraan bermotor juga ikut mendapat pembaruan. Contohnya,sistem pengabutan karburator berubah menjadi injeksi.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Dengan adanya sistem injeksi, maka jumlah bahan bakar dan udara yang masuk bisa sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, jumlahnya mendekati angka ideal, sehingga performa dan juga pemakaian bahan bakar bisa lebih maksimal.

Keuntungan lain dari sistem tersebut, yakni pemilik kendaraan tak perlu lagi memanaskan mesin terlalu lama. Komputer yang ada pada sistem injeksi akan berusaha menaikkan suhu mesin ke level ideal, dalam waktu singkat. Seperti dilansir dari laman Gardaoto, Sabtu 15 Juni 2019.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Jika dulu waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin lebih dari 10 menit, kini hal itu cukup dilakukan selama lima menit saja. Bahkan, lebih sering waktunya hanya 2-3 menit.

Jika dibiarkan terlalu lama, maka emisi gas buang yang dihasilkan akan semakin banyak. Selain itu, sistem pendingin mesin tidak akan bekerja maksimal, karena dibutuhkan angin untuk melakukan itu dengan efektif.

Laporan Chalilka Putra/Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya