Jangan Pakai Hair Dryer untuk Pasang Kaca Film

Pemasangan kaca film.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Kaca film merupakan salah satu aksesori, yang memiliki peran penting di kendaraan roda empat. Selain untuk menghalau panas matahari, kaca film juga berfungsi untuk menjaga privasi penumpang.

Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

Saat hendak memasang atau mengganti kaca film, ada satu hal yang perlu diperhatikan pemilik mobil. Yakni, soal waktu pemasangan. Jika tidak memilih jam yang tepat, aksesori itu kemungkinan tidak merekat sempurna di permukaan kaca.

Sales Manager PT Krisant Pundimas Sejahterasebagai distributor kaca film Wincos di Indonesia, David Khung menjelaskan, waktu terbaik memasang kaca film adalah di pagi hingga siang hari. Sebab, di saat itu, tingkat kelembapan udara terbilang masih minim.

Kaca Film Ini Bisa Melindungi Layar Instrumen Mobil

"Lebih baik, pasang kaca film tidak lebih dari jam dua siang, karena masih tetap membutuhkan matahari. Terlebih lagi, jangan pasang kaca film saat hujan, karena akan lebih lembap," ujarnya di ICE BSD, Tangerang, Minggu 28 Juli 2019.

Ia juga menjelaskan, matahari dibutuhkan untuk proses pengeringan lem pada kaca film, agar bisa menempel sempurna. Hindari penggunaan pengering rambut atau hair dryer, karena bisa membuat kaca retak akibat panas berlebih.

Mobil Listrik Wuling dan MG Pakai Kaca Film Berstandar ISO

"Kami seringnya memulai pemasangan pagi. Jika sudah sore, kami tidak mau pasang. Tempat pemasangan juga sebaiknya dilakukan di ruangan tertutup atau indoor, jangan di outdoor. Bisa saja di luar, tapi berisiko membuat kaca film patah dan timbul gelembung, akibat ada debu atau kotoran yang tertinggal," kata dia.

Ilustrasi memasang kaca film mobil

Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Anda

Kaca film merupakan salah satu elemen penting dalam menjaga kenyamanan kabin mobil. Selain meningkatkan privasi, kaca film juga berfungsi untuk menolak panas matahari, me

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2024