Meski Cepat, Cara Ganti Cover Jok Ini Punya Kekurangan

Modifikasi interior mobil
Sumber :
  • Dok: Classic Interior

VIVA – Cara ampuh untuk membuat kabin lebih nyaman, adalah dengan melapis ulang jok mobil. Anda cukup datang ke bengkel spesialis interior, yang banyak tersebar di perkotaan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Melapis ulang jok standar pabrik bisa dilakukan dengan dua cara, yakni hanya memakaikan sarung jok atau dilapis ulang secara permanen. Chief Executive Officer Classic Car Interior, Hardianto mengatakan, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

"Baiknya memang dikonsultasikan dulu, maunya yang hanya cover sarung atau mau jok permanen. Tetapi, di tempat kami enggak melayani yang sarung," ujarnya saat dihubungi VIVA, Selasa 6 Agustus 2019.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Untuk pelapis jok model sarung, kata dia, pengerjaannya jelas lebih cepat dibandingkan yang dijahit ulang secara permanen. Sebab, prosesnya tidak mengharuskan barisan jok dibongkar terlebih dulu.

Jok kulit

Cara Mudah Membersihkan Jok Mobil dengan Produk Rumahan

"Lapis permanen bisa sampai dua hari, bahkan lebih. Tetapi, hasilnya pengerjaan lebih presisi. Kalau cover jok, kadang suka enggak presisi di bagian selipan atau lipatan, jadi rawan sobek kalau sudah lama," tuturnya.

Soal motif, jahitan permanen jelas lebih unggul. Pemilik bisa mengombinasikan warna, bahan, hingga membuat inisial nama di jok mobilnya. Sementara, untuk model sarung biasanya lebih terbatas.

"Soal harga, pasti yang cover lebih terjangkau. Kalau yang permanen, di tempat kami mulai dari Rp3,5 juta untuk kulit sintetis," jelasnya. (yns)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya