Biar Enggak Kebablasan, Jangan Tutup Gas Motor di Turunan

Ilustrasi mengendarai motor.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Beberapa waktu lalu, viral video di media sosial soal pengendara skuter matik yang mengalami kecelakaan, gara-gara hilang kendali di jalanan menurun. Bahkan, di beberapa wilayah warga berinisiatif menaruh tumpukan karung, agar pemotor tidak meluncur ke jurang.

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

Berbeda dengan motor bebek atau sport, pengendara skuter matik tidak memiliki kendali atas gigi transmisi. Alhasil, mereka tidak bisa mengatur agar transmisi tetap ada di gigi satu atau dua, ketika melewati turunan curam.

Umumnya, mereka hanya bisa pasrah dan menutup tuas gas, berharap kecepatan tidak naik secara berlebihan. Namun ternyata, hal itu justru membuat motor riskan meluncur lebih kencang lagi. Seperti yang diutarakan oleh General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Wedijanto Widarso.

Rumah Pedangdut Via Vallen Digeruduk Warga Terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

“Pada saat deselerasi, gas jangan ditutup sampai habis. Sebab, tidak ada engagement antara roda dengan rumah kopling,” ujarnya di Jakarta, Rabu 7 Agustus 2019.

Engagement yang dimaksud, adalah kontak yang terjadi antara roda dengan rumah kopling. Wedijanto menjelaskan, sistem pada transmisi skuter matik sudah diatur, agar kedua peranti itu bisa terhubung pada putaran mesin tertentu.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

“Langsam di 1.700 rpm (rotasi per menit). Di rpm 2.200, baru ada engagement. Kalau ada engagement, kopling menempel, ada tahanan. Efeknya, putaran roda enggak los,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Wedijanto menyarankan agar pengendara skuter matik untuk membuka sedikit tuas gas, agar ada kontak antara mesin dengan roda. (kwo)

Via Vallen.

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

Meski tengah dilanda berita ini, Via Vallen tampaknya tak terlalu mempermasalahkan dan terlihat santai mengunggah story di sosial media Instagram.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024