Jangan Sepelekan Ceceran Bensin di SPBU

Mengisi bensin di SPBU.
Sumber :
  • Youtube/ funny crack kendari.

VIVA – Saat mengisi bensin di stasiun pengisian bahan bakar umum, terkadang petugas terburu-buru mengangkat selang. Akibatnya, ada bahan bakar yang tercecer di lantai.

Bakal Stop Beroperasi di Medan, SPBU Shell: Terima Kasih Buat Semua Pelanggan Setia Kami

Jika mengalami atau melihat hal tersebut, jangan diabaikan. Sebab, itu bisa jadi petunjuk, untuk mengetahui apakah bensin yang dijual asli atau oplosan.

Dilansir dari Wahana Honda, Kamis 8 Agustus 2019, ada beberapa cara untuk mengetahui keaslian dari bahan bakar. Yang pertama, celup jari ke BBM tersebut.

H-3 Lebaran Konsumsi BBM Naik, Pertamax Tertinggi

Jika bensin menguap dengan cepat, bisa dipastikan kualitasnya bagus. Hal yang sama juga bisa dilihat dari ceceran di lantai. Jika mengering dalam waktu singkat, maka tidak usah khawatir bensin yang diberi merupakan oplosan.

Ciri bensin oplosan adalah, penguapannya lama. Selain itu, jika Anda tuang ke kertas koran, maka tulisannya akan buram dan tidak bisa dibaca. Sebab, umumnya bensin dicampur dengan minyak tanah, bahan kimia yang tidak bersahabat dengan tinta koran.

Pertamina Tebar Layanan dan Promo di Lebaran 2024, Ini Daftarnya

Cara ketiga berlaku, untuk mereka yang sering membeli bensin eceran di warung. Pada botol yang digunakan, amati bagian dasarnya. Jika ada endapan, maka sebaiknya minta ganti botol atau pindah ke warung yang lain.

Alasannya, bahan bakar murni tidak mengandung material lain yang bisa mengendap. Bisa juga zat itu adalah kotoran, yang jika masuk ke saluran bahan bakar akan menimbulkan gangguan pada mesin. (kwo)

SPBU Shell

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

PT Shell Indonesia dikabarkan bakal menghentikan operasional seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Medan, Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024