Jangan Lakukan Ini saat Ganti Oli di Bengkel

Kuras oli mesin mobil/Ilustrasi.
Sumber :
  • Bmwblog

VIVA – Saat kendaraan sudah memasuki waktunya servis berkala, umumnya pemilik membawa ke bengkel dan menyerahkan urusan itu kepada mekanik. Sementara teknisi mengganti pelumas, pemilik duduk santai di ruang tunggu.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Namun, ada kalanya kamu perlu melihat langsung proses pengerjaan servis. Sebab, ada beberapa hal yang mungkin tidak disadari oleh teknisi, tapi bisa berbahaya bagi kendaraan.

Salah satu contohnya, menggunakan kompresor udara untuk menguras sisa pelumas yang ada di dalam mesin. Meski cara ini terbilang praktis dan efektif, namun ada bahaya di balik prosesnya.

Ganti Oli Mesin Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Mudik?

Dilansir dari laman Suzuki, Senin 2 September 2019, udara yang disemprot dari kompresor bisa mengandung kadar air yang cukup tinggi.

Baca juga: Besok, Toyota Luncurkan Yaris Baru Rp170 Jutaan

Bengkel Mobil di Kembangan Kebakaran Diduga Akibat Korsleting AC

Apabila digunakan untuk membersihkan jalur oli, dikhawatirkan uap air akan menempel pada dinding mesin dan menyebabkan korosi.

Kuatnya tekanan angin pada kompresor, juga berisiko melepas kotoran yang sudah tersaring di filter oli. Ukuran kotoran yang sangat kecil, membuatnya mudah terdorong keluar dari penyaring dan kembali ke mesin.

Itu sebabnya, disarankan untuk melakukan servis berkala di bengkel resmi. Sebab, para mekaniknya sudah dibekali dengan pengetahuan soal prosedur yang benar dan aman, saat mereka melakukan perawatan pada kendaraan konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya