Knalpot Mobil Berasap saat Hidupkan Mesin, Belum Tentu Rusak

asap kendaraan
Sumber :
  • inmagine

VIVA – Pernahkah kamu melihat mobil mengeluarkan asap dari knalpot, saat mesin dihidupkan? Jangan buru-buru panik, sebab belum tentu ada kerusakan pada mesin.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Jika hal itu muncul saat pagi hari, penyebabnya adalah embun yang menempel di dalam knalpot. Bahan besi membuat suhu knalpot menjadi rendah ketika malam hari, sehingga embun berkumpul di dalamnya,

Saat mesin dihidupkan, embun itu akan berubah menjadi uap air dan ikut keluar bersama asap. Hal itu menyebabkan muncul asap tipis berwarna putih. Ketika mesin sudah panas, maka asap akan hilang dengan sendirinya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun, apabila asap terus muncul saat mobil dikendarai, maka sebaiknya kamu memeriksakannya ke bengkel. Dilansir dari Seva.id, Selasa 29 Oktober 2019, ada beberapa penyebab munculnya asap putih dari knalpot secara terus menerus.

Saluran oli bocor

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Oli berfungsi melumasi komponen mesin, agar gesekan yang terjadi sangat minim. Gesekan menimbulkan panas, yang harus dihindari pada kendaraan.

Pada beberapa kasus, jalur oli mengalami retak sehingga pelumas masuk ke dalam ruang bakar. Otomatis, bahan tersebut ikut terbakar dan keluar melewati knalpot. Bisa juga penyekat karet mesin getas, sehingga tidak menempel sempurna.

Komponen mesin aus

Pada mobil berusia lama, kekuatan komponen mesin sudah jauh menurun. Alhasil, baut dan mur tidak lagi membuat ruang bakar menjadi kedap. Pelumas atau air radiator bisa menyusup masuk, dan membuat pembakaran bensin menjadi tercemar.

Radiator rusak

Fungsi radiator adalah menjaga suhu mesin tetap ideal. Apabila terjadi kerusakan, maka air tidak bisa mendinginkan mesin dengan sempurna.

Efeknya, suhu mesin meningkat dan memengaruhi naiknya suhu pelumas. Alhasil, oli menjadi sangat cair dan bisa rembes masuk ke dalam ruang bakar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya