Kunci Remote Skuter Matik, Aman Gak Kalau Kena Hujan?

Ilustrasi kunci remote sepeda motor
Sumber :
  • Viva.co.id/Pius Mali

VIVA – Kemajuan teknologi membuat produsen otomotif berlomba-lomba membuat produk yang memudahkan pengguna kendaaan. Tak heran, jika fitur-fitur yang ada pada sepeda motor semakin canggih dan moderen.

Daftar Lengkap Promo Sepeda Motor Honda Usai Lebaran

Salah satu yang mudah terlihat ada di bagian kunci untuk menyalakan maupun mematikan sepeda motor, serta membuka bagasi. Pada jenis skuter matik Vario 150 dan PCX, PT Astra Honda Motor sebagai agen pemegang merek motor Honda tidak lagi menggunakan batang kunci besi.

Kunci skutik tersebut dibuat lebih moderen hanya dengan menggunakan remote. Pemilik atau pengendara kini tidak perlu repot ketika hendak menyalakan mesin, karena cukup mengaktifkan remote, lalu menaruh remote tersebut dekat dari sepeda motor selama berkendara.

Penjualan Motor Bulan Maret Naik, Total Sudah Laku 1,7 Juta Unit Sepanjang 2024

Banyak pengguna yang menaruh kunci canggih tersebut di kantong celana, baju, maupun jaketnya. Lantas, amankah kunci tersebut saat terkena hujan, mengingat kunci ini berisi perangkat elektronik dan sensor di dalamnya? Technical Service Divison  AHM, Endro Sutarno mengatakan, kunci aman terkena hujan.

"Sebenarnya kunci remote ini kalau cuma kehujanan enggak masalah ya. Kecuali, pemilik motor merendam kunci tersebut. Kehujanan pun aman, sudah dirancang biar enggak masuk air secara langsung," ujarnya di Jakarta, Rabu 30 Oktober 2019.

Beli Honda BeAT Usai Lebaran Dapat Promo Khusus

Menaruh remote skutik Vario dan PCX di kantong, kata Dia, merupakan cara yang tepat. Sebab, jika diletakan di dalam tas atau posisinya jauh dari sepeda motor, dikhawatirkan lampu indikator di sepeda motor akan menyala, sebagai peringatan untuk pengendara bahwa kuncinya tidak terbaca.

Untuk mencegah kunci terjatuh, Endro menyarankan, pemilik memberikan gantungan ringan pada remote. Selain itu, saat berkendara dengan sepeda motor yang sudah menggunakan model keyless untuk selalu membawa key emergency kit yang diberikan saat membeli motor baru dari diler resmi.

"Selain remote kan ada satu batang kunci satu lagi yang ada magnetnya, itu buat kondisi darurat. Sebaiknya itu selalu dibawa dan diletakan terpisah. Jadi, saat remote jatuh atau hilang, bisa pakai itu dengan membuka bagian samping kenop starter," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya