Helm Dijemur Malah Bau Apek? Ini Penyebabnya

Juru parkir membungkusi helm.
Sumber :
  • Facebook Bintang.

VIVA – Helm menjadi syarat seseorang, saat hendak mengendarai sepeda motor. Jenisnya beragam, mulai dari half face hingga full face.

Helm Pintar Sena Dijual Mulai Rp9 Jutaan, Memang Sepintar Apa?

Meski bisa melindungi kepala lebih baik, namun helm yang tertutup seluruhnya atau full face, tidak disukai oleh beberapa orang. Alasannya, mereka merasa gerah saat mengenakannya.

Cuaca panas bisa membuat pengguna helm mengeluarkan banyak keringat, yang menempel pada busa helm dan memicu timbulnya bau apek.

Cara Merawat dan Cuci Helm Motor yang Benar, Mudak Kok

Bau juga bisa muncul, apabila bagian dalam helm basah terkena air hujan. Jika dibiarkan, tentu rasanya sangat tidak nyaman dan bisa mengganggu konsentrasi berkendara.

Dilansir dari Seva.id, Rabu 30 Oktober 2019, umumnya pemilik langsung menjemur helm yang basah di bawah terik matahari. Namun, hal itu justru akan mengakibatkan bau semakin menempel, meski busanya kering.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Cara yang benar untuk mengeringkannya, adalah dengan mengangin-anginkannya. Memang, waktu yang dibutuhkan untuk kering lebih lama, tapi akan jauh lebih nyaman dipakai ketimbang cepat kering tapi bau.

Langkah yang paling tepat, adalah dengan mencuci busa terlebih dulu, untuk membuang semua keringat dan kuman yang menempel. Bilas busa dengan air bersih, kemudian letakkan di tempat terbuka yang tidak terkena matahari langsung.

Ilustrasi helm motor

Pakai Helm Motor Suka Pusing Kepala? Mungkin Ini Penyebabnya

Helm motor dengan status SNI wajib digunakan oleh pengendara, dan agar nyaman maka ukuran helm harus sesuai dengan lingkar kepala.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2022