Sudah Mulai Musim Hujan, Yuk Cek Kondisi Wiper Mobil

Wiper mobil.
Sumber :
  • Autoblog

VIVA – Hujan mulai membasahi sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Maka, pemilik mobil harus mulai mempersiapkan kendaraan agar tetap fit dan prima saat dipakai berkendara menerobos hujan. Cara, mengecek komponen yang ada di mobil agar berfungsi normal saat hujan.

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Technical Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi mengatakan, wiper menjadi salah satu komponen yang harus diperhatikan fungsinya saat memasuki musim hujan. Sebab, alat yang dipasang di kaca depan itu membantu visual pengemudi saat berkendara dalam cuaca hujan.

"Paling gampang saat hujan, periksa kondisi wiper dan air wipernya, karena ini langsung nyambung saat mengemudi mobil di kondisi jalanan yang hujan. Wiper itu kan penting banget saat hujan," ujarnya di Jakarta, Rabu 6 November 2019.

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Saat kondisi cuaca panas, kata Anjar, umumnya pemilik mobil tidak memperhatikan kondisi wiper di kaca depan maupun belakang. Sehingga, saat diaktifkan untuk menyeka air hujan yang menempel di kaca kendaraan, fungsinya kadang tidak maksimal lantaran kondisi karet yang tidak prima.

Baca juga: Enggak doyan minum soda? Pakai saja untuk bersihkan mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Sebenarnya enggak ada waktu khusus sih untuk penggantian karet wiper. Cuman, kadang ada orang yang suka wipernya diangkat saat parkir, alasannya supaya enggak getas karetnya saat terkena kaca yang panas akibat sinar matahari, itu pengaruh sih," paparnya.

Bagian tak kalah penting, kata Anjar, adalah memeriksa tangki air wiper. Di musim hujan, pastikan kondisi tangki terisi air biasa maupun cairan khusus pembersih kaca. Dengan demikian, kaca mobil bisa menjadi lebih bening meski terkena air hujan.

Semprotan air wiper.

"Kadang orang suka lupa, wiper sudah nyala belum sempat disemprot air atau cairan dari tangki cadanganya itu. Biar enggak kesat pas wiperny nyapu air hujan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya