Ingat, Ini Kerugian Kalau Asal Pakai Boks Motor

Boks motor
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA – Saat ini, banyak pengendara sepeda motor yang menggunakan boks pada tunggangannya. Fungsinya yaitu, menyimpan berbagai jenis kebutuhan saat berkendara. 

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun, pengaplikasiannya juga harus dilakukan secara cermat. Boks tambahan bisa berdampak buruk bagi penggunanya. 

Instruktur senior Indonesia Road Safety Agent (IRSA), Poedyo Santosa mengatakan boks motor bisa membahayakan pengendara jika ukurannya terlalu besar. Yang secara otomatis akan menahan angin lebih besar. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Dan membebani pengendara sehingga dapat mengakibatkan pengendara kehilangan keseimbangan apalagi pada kecepatan tinggi dan bermanuver," ujarnya kepada VIVA.co.id, Jumat 8 November 2019. 

Dia menambahkan, boks tambahan yang isinya terlalu berat juga akan membahayakan pemotor nantinya. Yakni bagian depan kendaraan akan terangkat, roda tidak menapak penuh pada lintasan. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Cengkeraman berkurang, mudah terjadi selip, di mana setir sudah dibelokkan tapi motor tidak mau berbelok," kata dia. 

Poedyo menjelaskan, tiap boks tambahan terdapat berat maksimal yang dianjurkan. Hal ini dilakukan demi keselamatan pengendara kuda besi di jalan. 

"Berbeda motor tentunya beda maksimal. Biasanya tiap boks ada ketentuannya. Begitu juga boks motor untuk motor tertentu sudah ada maksimalnya dan jangan dimodifikasi," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya