Biar Gak Gerah Saat Pakai Helm Full Face, Gampang Kok

Inovasi untuk pendingin helm full face
Sumber :
  • Viva.co.id/ Febrika Indirawati

VIVA – Memakai helm merupakan kewajiban bagi semua pengendara sepeda motor di jalan raya. Tak heran jika pelindung kepala yang dijual saat ini sangat beragam, salah satunya adalah full face.

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm

Helm jenis ini bisa melindungi bagian kepala secara menyeluruh. Sayangnya, tak semua pengendara merasa betah dan nyaman ketika menggunakan helm full face saat berkendara. Alasannya, helm ini bisa membuat penggunanya merasa gerah.

Melihat kenyataan tersebut, muncul sebuah inovasi untuk membuat pendingin helm terutama jenis full face. Sehingga, pengendara tetap merasa nyaman dan sejuk saat memakai helm tersebut, tanpa perlu membuka bagian visor-nya.

Wali Kota Larang Pemotor Pakai Helm Full Face

Penyejuk helm ini merupakan produk dari India, yang diberi nama Bluesnap. Aksesori moderen itu sudah dipasarkan di Tanah Air, salah satunya melalui pameran IIMS Motobike Expo 2019, di Istora, Senayan, Jakarta.

Baca juga: Menperin Punya 'Mimpi' 2 Juta Motor Listrik Lahir di Indonesia 2025

Tilang Manual Jaring Pelanggaran 3 Kali Lipat dari Elektronik

Sales Manager Bluarmor yang merupakan distributor aksesori Bluesnap, Novi mengatakan, selain membuat bagian dalam helm sejuk, alat ini juga bisa menyaring debu dan udara kotor yang berasal dari bagian luar helm.

“Kalau ini kan buat air flow-nya saat pakai helm full face. Maksudnya kalau udara di luar panas, alatnya ini berguna untuk mendinginkan," uajrnya, di Istora Senayan, Sabtu 30 November 2019.

Selain membuat inner pad terasa sejuk, kata Novi, aksesori tersebut memiliki keunggulan lain, yakni anti kabut saat udara terlalu panas, bahkan hujan. Saat berkendara di musim hujan, pengendara tak perlu membuka visor untuk mengusap kaca yang berembun.

Blusnap2 mengunakan baterai sebagai daya utamanya, untuk itu pengisian baterai itu sendiri hanya perlu di charging sekitar empat jam. Setelah baterai kondisi baterai penuh, penyejuk helm ini bisa dipakai selama 10 jam.

"Alat ini sih untuk helm yang full face saja, bukan yang half face ya. Mau merek apa aja bisa, mau helm full face yang paling murah bahkan sampai yang paling mahal," tuturnya.

Harga yang ditawarkan selama pameran IIMS Motobike Expo 2019, Rp550 ribu. Sementara banderol di pasaran, atau dalam kondisi normal mencapai Rp800 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya