Mobil dan Motor Kreditan Kena Banjir, Bisa Ditanggung Asuransi?

Banjir di Untar akibat hujan deras
Sumber :
  • Twitter TMC Polda Metro Jaya

VIVA – Musim hujan mulai terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Hal ini membuat pengemudi kendaraan bermotor harus waspada ketika berada di jalan raya. Sebab, hujan lebat bisa saja menyebabkan genangan air di berbagai wilayah.

Momen Menegangkan Anang Hermansyah dan Keluarga Terjebak Banjir di Dubai

Pengemudi diharapkan bisa lebih bijak untuk memilih, melalui genangan tersebut, atau mencari jalur alternatif lain. Apalagi, jika mobil atau sepeda motor yang terdampak banjir itu, dibeli secara kredit.

Meski kendaraan bermotor yang dibeli kredit, sudah dilengkapi asuransi, bukan berarti pengemudi bisa santai melibas banjir.

Bandara Dubai Banjir Hebat, Peristiwa Cuaca Bersejarah yang Mengguncang UEA

Pengemudi ataupun pemilik mobil ataupun motor kreditan, harus mengetahui secara pasti, kerusakan apa saja yang bisa ditanggung asuransi.

Baca juga: Penasaran, Seirit Apa Sih Bensin Baleno Hatchback?

Banjir Dahsyat Terjang Dubai, Bandara Tersibuk di Dunia Lumpuh

SVP Communication, Event, & Service Management Asuransi Astra,
Laurentius Iwan Pranoto mengatakan, pembeli harus mengetahui secara jelas, jenis asuransi yang menempel ketika membeli kendaraan bermotor secara kredit.

"Seringnya, karena ini beli kredit, pemilik tidak memperhatikan asuransinya. Untuk mobil misalnya, bisa jadi tahun pertama itu comprehensive dan tahun-tahun berikutnya TLO (Total Lost Only). Untuk sepeda motor biasanya hanya TLO," ucapnya saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 19 Desember 2019.

Sementara itu, Chief Of Corporate Communication and CSR PT Federal International Finance (FIF Group), Yulian Warman mengatakan, terkait asuransi kendaraan bermotor yang dibeli secara kredit, harus kembali pada perjanjian pada saat awal akad kredit.

"Untuk kendaraan kredit yang kena banjir misalnya, harus lihat klausulnya dulu. Kalau klausul include, makan kami akan bertanggung jawab juga," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya