Daftar Lengkap Komponen Mobil yang Perlu Dicek Usai Banjir

Sejumlah mobil menerobos banjir beberapa waktu silam. Mobil terkena banjir rawan berkarat.
Sumber :
  • Twitter.com/TMCPoldaMetro

VIVA –Banjir mengawali tahun 2020, dan mengakibatkan banyak kerugian. Salah satu benda yang banyak menjadi korban banjir adalah mobil, Kendaraan bermotor roda empat ini rentan rusak setelah terkena genangan.

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Air banjir yang kotor bisa menimbulkan banyak masalah, mulai dari kabin yang basah dan bau, gangguan sistem pengereman, elektrikal, bahkan yang terburuk mesin rusak lantaran kemasukan air.

Aftersales Division Head bengkel resmi Toyota Auto2000, Ricky Martawijaya mengatakan, pihaknya menyiapkan program khusus yang diharapkan dapat membantu para pemilik Toyota yang kendaraannya terdampak banjir.

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

“Kami turut prihatin dengan adanya musibah banjir di wilayah ibu kota dan sekitarnya. Kami memahami situasi sulit bagi pemilik mobil Toyota yang tertimpa musibah banjir," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat 3 Januari 2020.

Baca juga: Viral Angkot Isuzu Panther Sukses Terjang Banjir, Ini Rahasianya

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Perbaikan yang bisa dilakukan di bengkel resmi Toyota itu antara lain, light untuk mobil yang terendam sebatas karpet mobil, medium service bagi kendaraan yang kena banjir sebatas sandaran kepala jok mobil, dan heavy service untuk korban banjir melebihi plafon.

Perbaikan ringan meliputi, pengeringan karpet, overhoul alternator dan motor starter. Lalu mengecek dan membersihkan sistem pengereman, bearing roda, sistem kemudi, serta memeriksa electrical pada junction block dan wire to wire connection.

Teknisi sedang melakukan servis mobil Toyota

Sementara perbaikan tingkat menengah berupa, semua pekerjaan light ditambah pengeringan jok, dinding pintu, speaker audio, head unit, sampai sistem pendingin udara kabin.

Pada layanan menengah, akan diperiksa juga sistem bahan bakar, sistem pengapian, alarm mobil, kuras oli mesin, kuras oli transmisi dan gardan, kuras transmisi otomatis,  serta kuras tangki bahan bakar minyak.

Untuk perbaikan berat, Pekerjaan yang dilakukan meliputi semua pekerjaan medium, ditambah membersihkan atau mengganti plafon mobil yang sudah terkena banjir.

Program ini berlaku di Auto2000 di seluruh Indonesia, mulai dari 6 Januari sampai 29 Februari2020. Konsumen bisa langsung menghubungi cabang Auto2000, untuk informasi lebih detail mengenai program pasca banjir ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya