Mekanik Sering Lakukan Ini pada Motormu, Padahal Salah Besar

Servis motor Suzuki
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA – Setiap kendaraan memiliki komponen yang bekerja dalam kecepatan tinggi. Untuk memastikan kondisinya selalu prima, dibutuhkan perawatan atau servis secara berkala.

Ganti Oli Mesin Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Mudik?

Hal itu bisa dilakukan di bengkel resmi, maupun bengkel umum yang banyak tersedia di dekat lokasi rumah. Jika kondisi kendaraan masih baru, umumnya pabrikan memberi paket servis gratis selama beberapa waktu.

Salah satu kegiatan servis yang perlu dilakukan pada kendaraan bermotor, yakni mengganti pelumas atau oli. Cairan ini tidak hanya ada di dalam mesin, namun juga transmisi.

Motul Luncurkan Oli yang Cocok dengan Karakter Mesin Kawasaki

Selain mengurangi gesekan antar komponen, pelumas juga efektif mengurangi panas mesin. Semua partikel berukuran sangat kecil hasil gesekan, juga bisa dibawa oleh oli dan dikumpulkan di saringan.

Baca Juga: Inikah Motor Baru yang Bakal Dibawa Honda?

Ini Alasan Mengapa Oli Mesin Butuh Zat Tambahan atau Aditif

Karena perannya yang sangat vital, tidak heran apabila ganti oli menjadi kegiatan yang paling sering dilakukan saat perawatan berkala.

Namun, ada satu kebiasaan mekanik saat mengganti oli yang sebenarnya salah, tapi sering dipraktikkan. Dilansir dari laman resmi Suzuki, Senin 27 Januari 2020, kesalahan yang dimaksud adalah menyemprot lubang pengisian dan pembuangan oli dengan angin bertekanan tinggi.

Sebenarnya, cara itu dilakukan dengan maksud baik, yakni agar pelumas yang kotor dapat segera keluar dari mesin. Sebab, ada saja cairan pekat itu yang masih tersisa di ceruk kecil di dalam mesin.

Menyemprot lubang oli dengan angin dianggap salah, karena tekanan bisa menyebabkan kotoran dibawa oleh pelumas menjadi terpisah dan menempel kembali di dinding mesin. Bahkan, bisa saja masuk ke bagian yang berbahaya.

Jika itu terjadi, maka akan terjadi goresan dan lama-kelamaan dinding mesin menjadi rusak. Jadi, sebaiknya kuras oli dengan cara yang biasa saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya