Biar Perjalanan Nyaman, Ini Bagian Mobil yang Bisa Dicek Sendiri

Pekerja Indonesia di bengkel Daihatsu Sigha Jepang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto

VIVA – Usai membeli mobil, pemilik harus siap untuk melakukan perawatan berkala kendaraannya. Tak hanya itu, pengecekan kondisi kendaaraan juga harus dilakukan untuk memastikan layak untuk dikendarai.

Mobil Rp130 Jutaan Ini Laku Keras Menjelang Lebaran

Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi mengatakan, rutinitas harian kerap membuat pemilik kendaraan lupa untuk mengecek kendaraannya sendiri.

Pemilik, biasanya hanya mengandalkan perawatan berkala setiap 10 ribu kilometer, atau dalam kurun waktu maksimal enam bulan sekali. Padahal, kata dia, pengecekan kondisi mobil bisa dilakukan sebelum memulai aktivitas.

Mobil Termurah di Indonesia Punya Segudang Fitur

"Sahabat (sebutan pengguna Daihatsu) bisa mempercayakan kendaraannya ke bengkel resmi Daihatsu terdekat, agar pengecekan bisa lebih maksimal karena ditangani oleh teknisi handal," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin 10 Februari 2020.

Baca juga: Mobil Masa Depan Kian Canggih, Pintunya Bisa Dibuka Pakai Handphone

Daihatsu Ungkap Karakter Pemilik Mobil Buatan Mereka

Bambang mengatakan, ada enam pengecekan mobil yang bisa dilakukan sendiri oleh pemiliknya. Pertama, periksa secara rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant sesuai rekomendasi pabrikan. Perlu diingat, Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. 

Pengecekan berikutnya adalah volume pelumas di dalam mesin. Caranya ternyata sederhanan, dengan meliat ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli.

Berikutnya, cek volume air wiper di dalam tangkinya. Penggunaan air tersebut sangat pentingsaat menjalankan wiper, agar tidak merusak kaca dan wiper bisa bergerak normal.

Untuk kinerja pengereman yang optimal, bukan hanya kondisi kampas saja yang perlu mendapat perhatian, jumlah minyak rem juga. Pastikan ketinggian minyak rem pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan.

Khusus pengguna aki basah, kata Bambang, pastikan air aki dalam kondisi cukup. Cara mengeceknya bisa melihat b batas ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara Lower Level dan Upper Level.

“Dari sharing tips ini, pelanggan dapat menjaga kendaraan Daihatsu kesayangannya agar tetap
dalam kondisi yang optimal dan dapat digunakan beraktivitas sehari-hari,"tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya