Bahaya Pakai Klakson Berlebihan

Tombol klakson dan sein di motor Honda.
Sumber :
  • Hondacommunity.net

VIVA – Klakson pada kendaraan yang berfungsi sebagai isyarat peringatan, merupakan salah satu syarat wajib yang harus dimiliki. Bahkan jika diketahui kendaraan tidak memiliki klakson atau tidak bisa diaktifkan maka akan dikenakan sanksi berupa denda.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Terlepas dari fungsinya sebagai alat komunikasi antar kendaraan, Dilansir dari situs resmi Honda Wahana, Jumat 21 Februari 2020, klakson pun salah satu fitur keselamatan, yang berguna untuk meminimalkan potensi risiko berkendara.

Namun, saat klakson itu dibunyikan terlalu keras, bisa berdampak negatif kepada kendaraan lain. Meski pengendara tidak menyadari hal tersebut. 

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Sebenarnya, tidak ada etika tertulis mengenai penggunaan klakson di jalan raya. Tapi sebaiknya pengendara kendaraan pun peka dengan hal ini.

Meski terdengar sepele, ternyata menekan klakson dengan berlebihan memiliki dampak negatif. Dampak itu tidak hanya bagi pengendara lain tetapi juga bagi diri sendiri. berikut ini daftarnya. 

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

1. Memicu stres orang lain

Seseorang bisa mengalami stres apabila mendengar suara dengan volume yang terlalu keras, dalam kondisi tersebut, cara orang ini dalam mengambil keputusan pun bisa berubah. 

Misalnya dari yang semula mengemudi lurus ke depan, malah bisa membanting setir ke kiri, kanan, atau malah melakukan pengereman mendadak. Hal ini tentu membayakan keselamatan bagi pengguna jalan lainnya.

2. Mengganggu konsentrasi pengendara lain

Bunyi klakson motor yang terlalu keras juga bisa mengagetkan dan membuyarkan konsentrasi pengendara lain. Akibatnya, pengendara ini bisa saja mengambil keputusan tanpa sadar. 

Misalnya dengan menambah kecepatan secara tiba-tiba, karena merasa diburu-buru oleh suara klakson motor tersebut. Tentu saja kondisi ini berisiko menimbulkan kecelakaan.

3. Meningkatkan emosi

Pernah melihat ada pengendara atau pengguna jalan lainnya yang marah-marah dan memaki setelah mendengar bunyi klakson kendaraan yang keras? Reaksi tersebut memang kerap sekali terjadi, apalagi pada jam pergi atau pulang kantor saat kondisi jalan sedang macet. 

Sebab, suara klakson kendaraan yang terlalu keras memang bisa meningkatkan emosi orang-orang yang mendengarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya