Cara Ampuh Basmi Virus Corona Tanpa Rusak Interior Mobil

Ilustrasi interior mobil.
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Para ahli di dunia hingga kini masih mengkaji berapa lama Virus Corona dapat bertahan hidup di suatu benda yang dihingkapinya. Namun, ada indikator awal bahwa virus itu dapat bertahan berhari-hari pada plastik dan logam keras. 

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Dilansir dari Fox News, Selasa 17 Maret 2020, hal tersebut lah yang membuat disinfeksi penting dilakukan. Tak terkecuali di interior mobil yang sering mengangkut banyak penumpang. 

Pusat pengendali dan pencegahan penyakit, serta badan perlindungan lingkungan di Amerika Serikat telah mengidentifikasikan sejumlah produk disinfektan yang ampuh untuk membunuh Virus Corona tersebut. 

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Banyak dari produk pembersih tersebut mengandung pemutih yang dapat merusak permukaan interior dan komponen kendaraan. Amonia yang ada di dalam produk itu pun bisa berdampak buruk bagi tampilan layar sentuh di head unit mobil. 

Baca juga: Ciputat Hingga Parung Masuk Daftar Daerah RI yang Paling Berpolusi

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Namun, ada satu cairan pembersih yang aman bagi interior dan ampuh membunuh Virus Corona. Cairan itu adalah alkohol 70 persen. 

Perwakilan dari salah satu pemasok komponen interior otomotif dari China, Yanfeng mengatakan, perusahaannya menggunakan alkohol 70 persen isopropil untuk membersihkan komponen di pabriknya. 

Cairan tersebut aman untuk plastik, krom hingga kulit imitasi. Alkohol juga efektif digunakan di permukaan berlapis kain dan kulit asli. 

Sebenarnya lanjutnya, penggunaan sabun dicampur air pun baik untuk menghilangkan berbagai macam virus di dalam mobil. Namun harus dengan cara yang tepat. Sebab, jika menggosoknya terlalu keras dapat menghilangkan warna interior mobil tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya