Saking Sibuknya, Pemotor Kerap Melakukan Kesalahan Ini

Bensin eceran.
Sumber :
  • Antara Foto

VIVA – Sepeda motor masih menjadi alat transportasi andalan masyarakat Indonesia. Selain praktis, jenis yang ditawarkan juga beragam, sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

Tips Menjaga Rantai Motor yang Baik dengan Cairan Pembersih WD-40

Sayangnya, terkadang pengendara motor kerap melakukan beberapa kesalahan, karena mereka terlalu disibukkan oleh rutinitas sehari-hari. Jika dibiarkan, maka hal itu bisa menimbulkan kerugian bagi pemotor.

Dikutip dari laman Wahana Honda, Rabu 18 Maret 2020, kesalahan pertama yakni menunda pengisian angin ban. Meski sudah tidak nyaman dikendarai, namun pengguna kerap cuek dan memutuskan untuk melakukan pengisian esok hari saja.

Jangan Pakai Aksesori Berlebihan Agar Spull Motor Awet

Selain bisa menimbulkan kecelakaan, kurangnya tekanan angin pada ban juga dapat merusak struktur dari karet bundar itu sendiri. Jadi, segera bawa ke bengkel terdekat.

Kesalahan kedua, yaitu sering mengisi bahan bakar eceran yang banyak dijajakan di sisi jalan, Meski praktis, namun kualitasnya tidak sebaik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU.

Pengguna Motor Wajib Tahu Menghadapi Bahaya di Jalan Raya

Mencuci motor di bawah terik matahari, menjadi kesalahan nomor tiga yang sering dilakukan pemilik kendaraan. Memang, sinar matahari bisa membuat proses pengeringan menjadi lebih cepat.

Tapi, ketika melakukan proses pencucian di bawah terik matahari, maka campuran air dan sabun yang cepat mengering bisa membuat cat menjadi belang.

Terakhir, menggunakan suku cadang palsu. Harga yang ditawarkan memang lebih murah dari onderdil asli. Tapi, kualitasnya tentu tidak sebaik suku cadang resmi.

Selain itu, penggunaan suku cadang dengan kualitas kw juga bisa membuat komponen lain mengalami kerusakan. Bukannya irit, yang ada justru kamu mengeluarkan biaya lebih banyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya