Mumpung di Rumah, Begini Cara Mudah Usir Jamur Kaca Mobil

Ilustrasi kaca belakang mobil
Sumber :
  • Allstateglassco

VIVA – Pandemi COVID-19 membuat banyak orang harus menghabiskan sebagian besar waktu mereka, di dalam rumah. Buat mereka yang tidak terbiasa, dalam beberapa hari rasa jenuh pasti muncul.

Kaca Mobil Bisa Pecah Mendadak, Ini Penyebabnya

Untuk mengusirnya, coba lakukan perawatan pada kendaraan kesayangan. Salah satu yang bisa dilakukan di rumah, yakni mengusir jamur kaca mobil.

Dilansir dari laman Autovalue, Kamis 19 Maret 2020, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan jamur menumpuk di kaca mobil. Jika dibiarkan, tentu akan mengganggu pandangan, terutama saat hujan turun.

Terlalu Sering Poles Kaca Mobil Bisa Berdampak Negatif

Penyebab pertama, yakni mencuci kendaraan di bawah terik matahari. Air sabun yang cepat mengering akan menimbulkan jamur kaca. Penggunaan air yang tidak bersih, juga bisa membuat jamur muncul.

Kendaraan yang jarang dicuci dan dibiarkan di tempat lembap, juga menjadi penyebab kaca mobil jamuran. Sumbernya adalah debu dan kotoran yang menempel dan terpapar uap air, kemudian mengering dan menjadi jamur.

Begini Cara Buka Kaca Mobil yang Benar agar Irit BBM

Untuk membersihkannya, kamu bisa memilih satu dari bahan yang tersedia di rumah. Bahan pertama, yakni dengan menggosok alkohol ke kaca. Meskipun cara ini terbilang kuno, namun keampuhannya sudah dapat dibuktikan.

Bahan kedua, yakni pemutih pakaian. Tidak hanya dapat menghilangkan noda membandel pada pakaian, namun cairan kimia ini juga dapat menghilangkan bercak jamur pada kaca mobil.

Apabila kamu tidak suka minuman soda, gunakan saja untuk membersihkan kaca mobil. Bahan yang dikandung soda bisa merontokkan jamur dengan cepat.

Terakhir, yakni tembakau. Air hasil rendaman tembakau sama ampuhnya seperti soda. Cukup siram ke kaca, gosok hingga merata dan bilas dengan air bersih. Kemudian, keringkan kaca menggunakan lap bersih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya