Benda Ini Paling Diremehkan di Motor, Tanpanya Kamu Bisa Celaka

Pentil ban motor.
Sumber :
  • Motorcyclecruiser.com

VIVA – Hampir semua komponen di sepeda motor memiliki fungsi khusus. Misalnya, mesin untuk membuat kendaraan melaju, dan kaca spion dipasang agar bisa memantau situasi di belakang.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Bahkan, tali yang ada di jok motor sport juga punya arti, yakni untuk menggeser posisi kendaraan. Sebab, tidak disediakan besi seperti yang biasa ada di motor jenis bebek dan skuter matik.

Namun, ada satu benda yang sering disepelekan oleh para pemilik motor. Bahkan, mereka tidak peduli jika komponen itu ada atau tidak ada di tunggangan mereka.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Dilansir dari laman Wahana Honda, Kamis 26 Maret 2020, benda yang dimaksud adalah tutup pentil ban. Bentuknya bulat dan kecil, serta berwarna hitam. Pada pentil untuk ban jenis tubeless, biasanya tutupnya berwarna krom dan berbentuk persegi.

Ada banyak sekali fungsi dari bagian kecil ini. Yang pertama, untuk mencegah udara di dalam ban keluar. Saat pentil gagal bekerja akibat menerima tekanan terlalu besar, maka tutup pentil akan memastikan bahwa ban tidak langsung kempis.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Tanpa adanya tutup pentil, maka angin bisa langsung keluar semua. Jika ini terjadi saat kecepatan tinggi, bukan tidak mungkin menimbulkan kecelakaan.

Selain itu, pentil motor juga berfungsi untuk mencegah debu dan kotoran masuk ke lubang pengisian angin. Jika lubang terisi kotoran, maka proses pengisian angin pun akan sulit dilakukan. Di musim hujan, pentil yang terbuka juga bisa menyebabkan air masuk dan menciptakan karat.

Tutup pentil ban kendaraan

Tutup Pentil Ban, Kecil tapi Perannya Sangat Penting

Walaupun bentuknya sangat kecil, ternyata tutup pentil ban pada velg ternyata memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
8 Juni 2022