Cara Ampuh Motor Tetap Tokcer Meski Lama Enggak Dipakai

Ilustrasi parkir motor di rumah
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA – Sepeda motor umumnya jadi andalan pemilik untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tapi, karena satu dan lain hal mungkin saja kuda besi dibiarkan lama berada di garasi.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Misalnya, sang pemilik harus tugas ke luar kota atau bekerja seharian di rumah. Adanya imbauan work from home yang ada saat ini, bisa saja membuat sepeda motor lebih lama tersimpan di rumah ketimbang menjejak aspal.

Menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno, performa terbaik sepeda motor tak hanya didapat dengan perawatan rutin di bengkel resmi sesuai jadwal yang ditentukan, tetapi juga perawatan yang dilakukan sendiri.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

”Termasuk saat lama tak terpakai di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan pemilik. Kadang terdapat komponen atau bagian sepeda motor yang butuh diperhatikan saat diam dalam jangka waktu cukup lama, yang dikhawatirkan mempengaruhi kinerja,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Senin 30 Maret 2020.

Berikut beberapa tips dari AHM ,untuk menjaga kondisi sepeda motor saat diam dalam jangka waktu lama:

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

1. Cuci motor sebelum disimpan lama. Ada beberapa pengendara motor yang harus pulang melewati daerah becek, berbau, kotor, dan berlumpur. Itu bisa mengakibatkan percepatan timbulnya karat.

2. Beri pelumas bagian bagian yang berpotensi menimbulkan karat. Misalnya, rantai roda.

3. Motor sebaiknya diparkir dengan memakai standar tengah, agar distribusi beban merata.

4. Saat akan digunakan kembali, hidupkan mesin hingga panas dengan waktu secukupnya. Lakukan di tempat yang terbuka, agar asap knalpot bisa terbawa angin.

5. Khusus tipe motor matik, perhatikan bagian bagian dalam cover bagian bawah. Sebab, ada rongga yang biasa dimanfaatkan hewan untuk bersembunyi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya