Mobil Gak Dipakai Selama PSBB, Lakukan Ini Biar Kondisinya Tetap Fit

Sedan BMW e38 Seri 740i yang selama 22 tahun dipajang dalam plastik.
Sumber :
  • autoevolution

VIVA – Sudah tiga minggu warga diimbau untuk melakukan pembatasan sosial dan pembatasan fisik. Bahkan, Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB akan diberlakukan di Jakarta, mulai besok, Jumat 10 April 2020 di wilayah Jakarta.

Cara Unik BMW Astra Kenalkan Dunia Otomotif ke Kaum Muda

Tak heran, jika banyak perusahaan, kantor dan lembaga pendidikan menghentikan aktivitas pekerjanya. Dengan imbauan tersebut, artinya proses belajar maupun bekerja tetap bisa dilakukan, namun hanya berlokasi di dalam rumah masing-masing.

Adanya PSBB, tentunya membuat mobil yang biasa dipakai beraktivitas harian harus turut beristirahat. Meski jarang digunakan, pemilik kendaraan harus tetap memperhatikan kondisi kendaraannya, supaya saat hendak digunakan kembali tak mengalami masalah atau kerusakan.

BMW Astra Fest Ramaikan GIIAS 2023, Hadir dengan Layanan Shuttle Bus

After Sales Manager BMW Astra, Budi Kurniawan mengatakan, meski hanya diparkir di rumah, mobil tetap memerlukan perawatan. Hal ini perlu dilakukan agar mobil yang terparkir tetap dalam kondisi prima saat akan digunakan nanti.

Baca juga: Mumpung di Rumah, Yuk Bikin Cat Mobil Kinclong

Mobil Canggih Bakal Hadir di Papua, Cara Bonceng Anak Naik Motor yang Benar

"Dalam kondisi ditetapkannya PSBB, Anda tidak perlu segera ke bengkel, bisa menunggu sampai keadaan lebih baik. Namun jika Anda membutuhkan bantuan teknis atau dalam kondisi darurat Anda dapat menghubungi call center," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis 9 April 2020.

Budi mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat tak menggunakan kendaraannya dalam masa PSBB. Pertama, pilih lokasi parkir yang memiliki atap, untuk memastikan kondisi mobil terlindungi selama tak dikemudikan.

Lokasi parkir yang beratap, memastikan mobil terlindung dari cuaca ektrim, gangguan dan kotoran hama liar merusak ekterior. Selain itu, bisa membuat suhu di dalam mobil tetap rendah, sehingga sirkulasi udara di dalam kabin tetap segar dan komponen interior lebih awet.

Sebisa mungkin tak menggunakan rem tangan. Tujuannya, untuk memastikan brake shoe, pad, dan disc tidak lengket dan macet selama parkir. Untuk mobil bertransmisi otomatis, bisa memindahkan tuas ke posisi 'P', guna mencegah mobil bergerak saat tak menggunakan rem parkir.

Jangan lupa untuk menyempatkan diri menyalakan mesin mobil di ruang terbuka dua kali dalam seminggu, dengan kurun waktu 20 menit sambil menginjak pedal gas di putaran mesin 2.000 rpm.

Sambil memanaskan mesin, buka jendela mobil dan nyalakan AC kendaraan agar terjadi sirkulasi oli pada sistem AC dan udara di dalam kabin, sehingga fungsi kerja AC selalu prima.

Cuci permukaan bodi kendaraan termasuk pembersihan interior, perawatan cat dan lapisan krom. Pasang penutup (cover) sesuai rekomendasi pabrikan jika diperlukan. Jangan lupa, membersihkan karet seal bagasi dan pintu, serta aplikasikan produk perawatan dengan bahan yang direkomendasikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya