Mau Mobil Hemat Bahan Bakar, Ikuti Cara Ini

Indikator bensin nyaris habis (atas).
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Setiap orang tentu ingin memiliki kendaraan yang hemat bahan bakar. Cukup satu kali mengisi tangki, mereka berharap mobil bisa digunakan selama beberapa hari untuk pergi dan pulang ke kantor.

Tips Sederhana Hemat BBM saat Arus Balik Lebaran

Namun, tak jarang hal itu gagal untuk didapatkan. Meski mobil yang digunakan keluaran baru, tapi hal itu bukan jadi jaminan konsumsi bahan bakarnya bisa irit.

Dilansir dari laman Seva, Rabu 15 April 2020, ada beberapa hal sederhana yang mempengaruhi konsumsi BBM kendaraan. Yang pertama, yakni kondisi mesin.

Terpopuler: Mobil Irit BBM di Bawah Rp100 Juta, Pajero Sport Baru Sudah di Diler

Selalu lakukan perawatan berkala, sesuai dengan petunjuk yang ada di buku servis. Hal sepele seperti busi atau saringan udara kotor, bisa mempengaruhi berapa banyak bensin yang digunakan.

Baca juga: Bikin atau Perpanjang SIM Wajib Olahraga dan Berjemur

Daftar Mobil Baru di Bawah Rp100 Juta yang Bensinnya Irit Banget

Kedua, jaga kecepatan mobil agar selalu berada dalam batas yang aman. Akselerasi sangat berpengaruh pada konsumsi BBM, hingga 19 persen. Jadi, perlakukan pedal gas dengan lembut.

Untuk kendaraan yang tidak dibekal idengan indikator hemat BBM, cara paling sederhana adalah dengan menjaga putaran mesin agar ada di kisaran 2.000 rotasi per menit. Jika sudah lebih dari 3.000 rpm, maka bensin yang dipakai semakin banyak.

Beban juga menentukan konsumsi BBM. Hindari menyimpan banyak barang yang tidak diperlukan di dalam bagasi, seperti koper atau peralatan bengkel yang berat.

Terakhir, jangan setel penyejuk kabin ke posisi paling dingin. Kompresor akan bekerja maksimal, sehingga menambah beban mesin. Atur agar suhunya ada di kisaran 24-25 derajat celcius saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya